Dua Gedung UPT Puskesmas Diresmikan Bupati Bengkalis

Selasa, 13 April 2021 | 14:34:40 WIB
PERESMIAN : Bupati Bengkalis Kasmarni meresmikan pemakaian gedung Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pukesmas Meskom dan UPT Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Selasa (13/4/2021).

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Bupati Bengkalis Kasmarni meresmikan pemakaian gedung Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pukesmas Meskom dan UPT Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Selasa (13/4/2021).

Peresmian tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Bengkalis, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan gedung.

Kasmarni mengatakan, pembangunan puskesmas, merupakan bagian terpenting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas layanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan harapan, masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan yang cepat, dekat, gratis, berkualitas dan memuaskan, sehingga akan terwujud pula kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat, sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

"Kita semua mengetahui bahwa aspek kesehatan merupakan hal yang sangat fundamental. Aspek ini mampu memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap sektor lainnya. Lihat saja pandemi Covid-19 yang berlangsung hingga saat ini, berkembang dari masalah kesehatan, menjadi masalah sosial, ekonomi, dan keuangan global," pungkasnya.

Selanjutnya Bupati juga mengatakan, setidaknya pandemi covid-19 ini kembali menyadarkan untuk menempatkan aspek kesehatan menjadi sesuatu hal yang penting dan mendesak untuk dilakukan melalui peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

"Dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di Kabupaten Bengkalis, kami memiliki strategi agar tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, yakni melalui program akses jaminan sosial dan kesehatan total bagi masyarakat, sebagai salah satu diantara delapan program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, yang akan kita wujudkan melalui kegiatan pemberian jaminan kesehatan total (100%) bagi masyarakat dan penyediaan dokter untuk seluruh puskesmas pembantu di Kabupaten Bengkalis.

Bupati berharap, keberadaan puskesmas, hendaknya dapat menjadi ujung tombak tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Bengkalis, semoga dengan bertambahnya puskesmas yang ada di Kabupaten Bengkalis dari tahun 2019 sebanyak 18 menjadi 19 untuk 2021, dapat membantu Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas guna mendukung tercapainya visi pembangunan kesehatan kabupaten bengkalis serta mampu memenuhi hak-hak dasar masyarakat untuk hidup sehat dan sejahtera.

Selanjutnya orang nomor satu Bengkalis berpesan, khususnya kepada para petugas puskesmas, baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya, untuk terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sikap yang ramah, tulus dan ikhlas. Tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan serta status sosial lainnya, sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Turut hadir Sekda Bengkalis H Bustami HY, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau diwakili Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Yohannes, Asisten II Bengkalis H. Heri Indra Putra Ketua DPH LAM R Bengkalis H. Sofyan Said, Kapolres Bengkalis AKPB Hendra Gunawan SIK, serta diikuti Forkopimda, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya.(kr)

Terkini