Dosen FEB Unilak Berikan Edukasi MYOB Accounting di SMKN 4 Mandau

Rabu, 31 Juli 2024 | 17:03:08 WIB

RIAUREVIEW.COM --Sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan dalam perkembangan zaman. Capaian pengembangan sumber daya manusia (SDM) menentukan daya saing Indonesia dalam menghadapi persaingan antarnegara dan perdagangan bebas.

Pengembangan pendidikan vokasi merupakan tujuan negara untuk menyediakan tenaga manajemen menengah yang berkualitas, seperti  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang utamanya mempersiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang tertentu. Seperti   Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya bisa bekerja di bidang tertentu, tapi juga bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi dan berwirausaha. Karema itu, pengenalan dan penggunaan MYOB Acounting sangat dibutuhkan oleh siswa SMK selain mereka juga menerima pelajaran mengenai materi tersebut di sekolah.

Sejalan dengan kebutuhan tersebut pada tanggal 31 Juli 2024, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lancang Kuning (FEB Unilak)  terdiri dari Nurhayani Lubis, Hardi, dan Nofrizal melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di  SMKN 2 Pekanbaru.

Kegiatan ini kata Nurhayani Lubis “bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis mengenai penggunaan perangkat lunak MYOB dalam bidang akuntansi”.

Dikatakannya lagi, PKM kemas dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mengelola dan mencatat transaksi keuangan secara efisien menggunakan teknologi terkini. Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli dan praktisi di bidang akuntansi yang memiliki pengalaman luas dalam penggunaan MYOB”. Kata Nurhayani Lubis.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, mengingat pentingnya keterampilan MYOB dalam dunia kerja yang semakin digital, diikuti oleh 22 orang siswa kelas XII jurusan akuntansi di SMKN 2 Mandau.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan para siswa tidak hanya memahami teori akuntansi, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam situasi nyata menggunakan perangkat lunak MYOB. Pengalaman ini diharapkan dapat memberikan bekal yang berharga bagi siswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja nantinya” ungkap Nurhayani Lubis.

Nurhayani Lubis menuturkan “dalam pelaksanaan dilakukan penyebaran kuisioner, hasilnya setelah pelatihan MYOB Accounting di SMKN 2 Mandau menunjukkan bahwa pelatihan tersebut berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara signifikan”.

“Rata-rata kemampuan siswa pada semua pernyataan meningkat menjadi di atas 60%, dengan peningkatan tertinggi pada kesadaran dan pengalaman nyata manfaat edukasi tentang MYOB Accounting sebesar 74%” ungkap Nurhayani Lubis.

“Secara khusus, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang MYOB Accounting, meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam menggunakan perangkat lunak ini, serta memperkenalkan fitur-fitur utama MYOB Accounting dengan lebih baik”. Tambahnya.  

“Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan teoritis siswa, tetapi juga memberikan pengalaman praktis yang memperkuat kompetensi mereka di bidang akuntansi. Kesadaran siswa tentang pentingnya MYOB Accounting dalam pengembangan kompetensi mereka juga mengalami peningkatan yang signifikan, menunjukkan bahwa mereka siap untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam situasi nyata di masa depan,”pungkas Nurhayani Lubis.

Terkini