Jadwalkan Kunjungan Mahasiswa UiTM-PP Malaysia, Ponpes MQBS Terus Berinovasi

Selasa, 24 September 2024 | 09:21:22 WIB
Dewan Pembina dan Pelayan MQBS Ponpes Mutiara Quran Bengkalis, Islal Tria Putra usai menggelar rapat persiapan di Kantornya di Desa Senggoro, Bengkalis, Senin (23/9/2024).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Dari ratusan pondok pesantren (Ponpes) di kabupaten Bengkalis. Ponpes Mutiara Quran Boarding School (MQBS) Pondok Pesantren (Ponpes) Mutiara Quran terus melakukan inovasi, untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjadwalkan kunjungan dan membuka ruang kepada perguruan tinggi di Indonesia. Tak terkecuali, kunjungan mahasiswa dari luar negera tetangga, Malaysia.

Dijadwalkan, tanggal 25-29 Oktober mendatang, sejumlah mahasiswa Universitas Teknologi Mara Pulau Penang (UiTMPP) Malaysia akan berkunjung ke Ponpes MQBS.

"Ya, insyaallah mereka akan berkunjung ke pondok kita sesuai jadwal dan pemberitahuan yang disampaikan ke kita melalui Konsulat Malaysia yang difasilitasi oleh Yayasan Mesra Riau," ujar Dewan Pembina dan Pelayan MQBS Ponpes Mutiara Quran Bengkalis, Islal Tria Putra usai menggelar rapat persiapan di Kantornya di Desa Senggoro, Bengkalis, Senin (23/9/2024).

Ia menyebutkan, MQBS Ponpes Mutiara Quran Bengkalis yang bernaung di bawah Yayasan Al-Qudwah Bengkalis, merupakan ponpes para penghafal Qur'an, yang santrinya merupakan masyatakat Kabupaten Bengkalis. Bahkan di antara mereka ada yang kurang mampu dan dibantu oleh pondok untuk belajar secara gratis.

Ngah Islal didampingi Sekretaris MQBS Ponpes Mutiara Quran Wahyu Eko Saputro, sejak menerima surat penawaran untuk berkunjung ke pondoknya, pihaknya bersedia menerima kedatangan pimpinan, dosen dan guru dari UiTM Pulau Punang yang akan berkunjung ke Ponpes Mutiara Quran.

"Kami melihat ini peluang baik, selain dapat menjalin silaturahmi dan juga dapat membuka cakrawala berfikir santri kami nantinya. Apalagi dalam susun kegiatan yang sudah kami terima sangat banyak sekali kegiatan yang mereka jadwalkan," jelasnya.

Makanya Islal mengharapkan, sebelum pihal UiTMPP Malaysia datang, dapat melakukan rapat bersama. Karena para tamu ini nantinya akan tinggal bersama santri Ponpes Mutiara Quran.

Sedangkan Pimpinan Yayasan Mesra Riau Datok Ajis bin Manap juga menyebutkan, pihaknya sudah menyampaikan perihal persiapan dari Ponpes Mutiara Quran bersama Yayasan Mesra Riau, akan segera menggelar rapat bersama di Ponpes Mutiara Quran.

"Tentu ini akan kami persiapkan dengan baik, sehingga tamu yang datang tidak kecewa selama berada di Bengkalis. Apalagi kunjungan puluhan mahasiswa bersama dosennya ini bukan sekedar memberikan ilmu, namun melihat secara langsung kehidupan para santri kurang mampu yang memaksakan pendidikan di MQBS Ponpes Mutiara Quran Bengkalis.

Mantan Ketua DMDI Riau ini juga menyebutkan, kunjungan mahasiswa UiTMPP Malaysia merupakan Program Sulam Serumpun Kasih Nusantara UiTM-PP Malaysia yang akan berlangsung pada 25-29 Oktober 2024 yang berjumlah 30 orang.

Rencana kegiatan selain berkunjung ke MQBS Ponpes Mutiara Qur'an Bengkalis, juga berkunjung ke Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dan STAIN Bengkalis, serta melakukan lawatan ke tempat bersejarah yang  ada di Pulau Bengkalis.(ra)
 

Terkini