Upaya Tingkatkan Pelayanan Publik,Camat Bantan Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Sekatan

Rabu, 23 Oktober 2024 | 17:29:34 WIB
Camat Bantan Rafli Kurniawan menyerahkan surat keputusan (SK) bersama kepada Kepala dan Pjs Kepala Desa se-Kecamatan Bantan tentang penetapan adopsi dan replikasi Aplikasi Sekatan di Kantor Camat Bantan, Rabu (23/12024).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Untuk meningkatkan kualitas dan transparansi pelayanan publik, Camat Bantan, Rafli Kurniawan SIP M.Si, menggelar sosialisasi penggunaan Aplikasi Sembang Kecamatan Bantan (Sekatan) di Aula Kantor Camat Bantan, Bengkalis, Rabu (23/10/2024).

"Ya, aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu masyarakat, dalam memantau dan mengetahui proses serta perkembangan pelayanan, baik yang dilakukan di Kantor Camat Bantan maupun di desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Bantan," ujar Camat Bantan Rafli Kurniawan.

Ia menyebutkan, sosialisasi ini menjadi langkah awal untuk memperkenalkan inovasi digital, yang diharapkan dapat mempermudah akses layanan bagi seluruh masyarakat di kecamatan tersebut.

Sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Camat Bantan, dihadiri para peserta dari seluruh Kepala Desa, Penjabat Kepala Desa, serta operator desa se-Kecamatan Bantan.

"Mereka kita undang untuk memahami lebih dalam mengenai cara kerja dan manfaat aplikasi tersebut," ujarnya.

Rafli Kurniawan mengungkapkan, bahwa aplikasi ini hadir sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kecamatan Bantan untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warganya.

Ia menegaskan, pentingnya kolaborasi antara pemerintah kecamatan dan desa untuk memastikan aplikasi ini dapat berjalan dengan optimal.

"Kami berharap dengan adanya Aplikasi Sekatan, pelayanan yang ada di kecamatan maupun desa bisa lebih transparan, cepat, dan mudah dipantau oleh masyarakat.

"Dengan penerapan Aplikasi Sekatan ini, kami dapat memberikan pelayanan yang semakin baik dari hari ke hari," ujar Rafli Kurniawan.

Mantan Sekcam Bengkalis ini berharap, melalui sosialisasi ini hendaknya seluruh perangkat desa dan kecamatan di Bantan dapat segera mengaplikasikan penggunaan Aplikasi Sekatan dalam kegiatan pelayanan sehari-hari.

"Kami dari Pemerintah Kecamatan Bantan optimis bahwa dengan sinergi antara kecamatan, desa, dan masyarakat, Aplikasi Sekatan akan menjadi langkah maju dalam peningkatan pelayanan publik di Kecamatan Bantan," harapnya.

Sementara itu, Aplikasi Sekatan diperkenalkan secara langsung oleh Didik Sazali, pengembang aplikasi dari Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bengkalis, yang memberikan penjelasan teknis tentang fitur-fitur yang ada, serta cara penggunaannya.

Didik menyampaikan, bahwa aplikasi ini dibangun untuk mempermudah monitoring pelayanan masyarakat, sehingga dapat memberikan akses yang lebih mudah dan cepat kepada warga yang membutuhkan pelayanan publik.

Ia menyebutkan, salah satu keunggulan dari Aplikasi Sekatan adalah kemampuan masyarakat untuk memberikan aduan terkait fasilitas publik, baik di desa maupun di tingkat kecamatan.

"Dengan fitur ini, warga bisa melaporkan permasalahan atau kerusakan fasilitas umum, seperti jalan, jembatan, penerangan, dan lain sebagainya, sehingga dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah desa maupun kecamatan," jelasnya.

Selain itu kata Didik, Aplikasi Sekatan juga memungkinkan masyarakat untuk memberikan penilaian, terhadap kualitas pelayanan yang diterima, baik di tingkat kecamatan maupun desa. Penilaian ini mengacu pada standar yang telah ditetapkan dalam  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB), yang mendorong pelayanan yang lebih akuntabel dan responsif.

Selama kegiatan, interaksi antara peserta begitu terbuka dan sesi tanya jawab juga turut disajikan hingga berakhir acara. Dalam sesi ini, para peserta aktif bertanya seputar penggunaan aplikasi, tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapannya, serta kemungkinan pengembangan aplikasi lebih lanjut agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pelayanan yang semakin kompleks di masa mendatang.

Beberapa peserta juga memberikan masukan terkait fitur tambahan, yang diharapkan bisa disematkan ke dalam aplikasi agar penggunaannya bisa lebih maksimal.(ra)

Terkini