Dosen Fekon Unilak Beri Pengetahuan Kewirausahaan bagi Remaja Mesjid

Sabtu, 29 Juni 2019 | 10:57:16 WIB

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan khususnya di kalangan remaja mesjid, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilingkungan Remaja Mesjid Baitul Amal Kelurahan Sungai Sibam kota Pekanbaru, Jumat (28/06/2019).

Adapun dosen Unilak yang melaksanakan pengabdian sebagai ketua, Hardi, SE.,MM dan anggota Nurhayani Lubis, SE.,M.Si, diikuti oleh 15 remaja mesjid.

Disebut oleh Hardi, remaja mesjid selama ini belum banyak mendapatkan pelatihan kewirausahaan, selama ini yang sering mereka dapatkan adalah pelatihan kegiatan keagamaan, pendidikan keagamaan, padahal remaja mesjid yang berusia 13-20 tahun jumlahnya banyak di kota Pekanbaru sangat perlu mendapat pelatihan kewirausahaan dan kemandirian, dan ini jarang terpantau.

Tapi bagi kami (dosen Unilak) remaja mesjid perlu mendapatkan pengetahuan pelatihan kewirausahaan, hal ini penting untuk menguatkan dakwah dan pemberdayaan ekonomi umat. Dua hal ini,  dapat menjadi sarana dakwah, maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM) remaja masjid sehingga mampu mandiri.

“Jika mereka berhasil, masjid mendapatkan keuntungan bila sistem wirausaha tersebut dibangun secara profesional,” ujar Hardi.

Adapun kegiatan pengabdian berupa pelatihan peningkatan pemahaman terkait kewirausahaan yang berlangsung selama satu hari, selain itu mereka diberikan cara membuat kerajinan dari sabun.

Kegiatan pelatihan dan pengetahuan disambut antusias oleh remaja mesjid, mereka berharap, ada upaya pendamping berkelanjutan, sehingga mereka mampu mandiri dan memiliki usaha.

Terkini