Program MBKM Unilak dengan Kampus Univeritas Tengku Umar Aceh

Rabu, 24 Agustus 2022 | 23:51:59 WIB

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Guna memaksimalkan implementasi program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Teuku Umar (UTU) menandatangani Memoroundum Of Understanding(MoU)/ nota kesepahaman dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.
 

Nota kesepahaman ditandatangani langsung Rektor UTU Dr. Ishak Hasan, M.Si dan Rektor Unilak Dr. Junaidi, S.S., M.Hum yang berlangsung di Aula utama Lantai II, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Meulaboh, Selasa, 23 Agustus 2022.
 

Selain MoU juga dilakukan penandatangan MoA antara Dekan Fakultas Pertanian UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, MM dengan Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Unilak, Dr. Indra Purnama, M.Si.

Acara tersebut dihadiri jajaran pimpinan UTU yaitu Wakil Rektor 1, Dr. Alfizar, DAA, Wakil Rektor III UTU, Dr. Mursyidin, MA, Kepala Biro AKPK, Drs. HT. Muslim Raden, M.Si, para dekan dan pejabat fungsional lainnya.
 

Dr. Ishak Hasan menjelaskan bahwa UTU terus memaksimalkan dan meningkatkan kualitas implementasi MBKM, salah satu upaya yang dilakukan yaitu memperluas jaringan kerja sama dengan lembaga atau mitra dalam dan luar negeri.
 

"Semakin banyak mitra, makin banyak pula ruang kerja sama, bisa kerja sama magang, riset maupun yang lainnya dalam mewujudkan inovasi di berbagai bidang. Inovasi dan kolaborasi tak bisa dipisahkan," jelasnya
 

Dia berharap, kerja sama antara UTU dan Unilak bisa menjadi ruang kolaborasi dalam melahirkan banyak inovasi utamanya dalam implementasi MBKM. "Kita jalan bersama dan maju bersama meningkatkan kualitas implementasi tridarma perguruan tinggi baik di UTU maupun di Unilak," harapnya.
 

Kerjasama ini bertujuan untuk menjaga komunikasi serta memperkuat jaringan networking pendidikan di kancah nasional hingga global. "UTU selalu mendorong kemajuan program merdeka belajar di tanah air sehingga mahasiswa dan publik bisa merasakan dampak baik dari rangkaian besutan kemendikbud Ristek ini.” pungkasnya
 

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr. Junaidi, S.S., M.Hum menyampaikan apresiasi kepada UTU. “Ini merupakan sebuah kehormatan untuk kami sehingga bisa saling belajar dan sama-sama memajukan lembaga,” ucapnya.
 

Penandatanganan MoU ini dapat dilakukan karena sebagai sesama lembaga pendidikan tinggi yang tugasnya untuk melaksanakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di jenjang pendidikan.
 

“Karena sama misinya, tentu bentuk kerjasama ini adalah hal yang pantas kita realisasikan. Jadi intinya, dengan adanya kerjasama antar perguruan tinggi ini tentunya sudah saling bersinergi dalam mengembangkan SDM di masing-masing provinsi, baik Aceh maupun Riau,” paparnya.
 

Ia berharap, melalui MoU yang telah disepakati tentunya dengan harapan ini akan dapat berjalan dengan baik, sehingga kualitas SDM yang ada di kedua daerah akan berkembang dengan baik dan memiliki daya saing yang tidak hanya lokal dan nasional tetapi juga Internasional.
 

“Kita melakukan kerjasama ini bukan untuk bertanding, tetapi untuk bersanding. Dalam artian, antar sesama perguruan tinggi yang ada kita bukan untuk berkompetisi tetapi kita saling bersinergi dalam misi yang sama, kerjasama ini merupakan program hibah kompetisi kampus merdeka. Universitas Teuku Umar menjadi mitra strtegis Unilak untuk menjalankan program kampus merdeka” pungkasnya. (Rls)

Terkini