Kolaborasi PLDP Unilak dan Disnaker Riau Adakan Pelatihan Komputer Bagi Mahasiswa Disabilitas Unilak

Jumat, 17 November 2023 | 20:31:59 WIB

RIAUREVIEW.COM -- Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau memalui UPT Latihan kerja mengadakan pelatihan non insttusional untuk jurusan komputer bagi mahasiswa disabilitas Unilak, Kamis, 16 November 2023 yang diadakan di aula gedung Rektorat.

Kegiatan yang ditaja ini dihadiri oleh anggota DPRD Riau Dr Karmila Sari, perwakilan dinas tenaga kerja Riau dan dibuka oleh Wakil Rektor II Unilak Hardi SE MM, turut hadir Koordinator Pusat Layanan Disabilitas dan Phisikologi (PLDP) Unilak Helena Filtri.

Helena Filtri yang di wawancari mengatakan, pelatihan komputer  untuk mahasiswa disabilitas ini kerja sama Unilak dengan Balai latihan kerja Provinsi Riau dengan jumlah peserta 16 orang dengan melibatkan Pusat Pelayanan Psikologi dan Disabilitas Unilak. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa disabilitas memperoleh pengetahuan  dalam penggunaan teknologi informasi dalam pembelajan sehingga mampu mempraktikkan penggunaan aplikasi-aplikasi yang membantu dalam hal belajar.

"Selain tujuan di atas, kegiatan ini juga mempunyai tujuan khusus yaitu mahasiswa disabilitas memahami, membuat, dan menggunakan aplikasi. Kegiatan ini disambut dengan baik  dari kedua pihak universitas dan  tersebut. Selain itu mahasiswa disabilitas  sangat antusias dalam pelatihan Komputer ini." ujar Helena.

Helena mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau, dan anggota DPRD Riau Dr Karmila Sari, yang telah mendukung kegiatan pelatian ini, dan menggandeng PLDP.

Sementara itu Wakil Rektor II Unilak Hardi SE MM memberikan apreasiasi kepada PLDP yang terus konsisten membantu mengedukasi, sosialisasi dan pelatihan bagi penyandang disabilitas/mahasiswa disabilitas Unilak yang saat ini kuliah di Fakultas Ilmo Komputer dan Fadiksi. 

"PLDP telah mengadakan berbagai kegiatan tidak hanya untuk mahasiswa disabilitas namun juga masyarakat umum, seperti beberap waktu lalu mengadkan belajar dan mengenal bahasa isyarat bagi dosen, pegawai Unilak. Unilak telah berkomitmen untuk menuju kampus ramah disabilitas dan ini telah dicetuskan dua tahun lalu. Secara perlahan lahan, sarana prasarana di Unilak akan mendukung hak hak disabilitas." ujar Hardi SE MM

Terkini