Dapat Rekomendasi Mendag, Pemko Pekanbaru Harap Pasar Cik Puan segera Dibangun

Rabu, 26 Juni 2024 | 20:41:36 WIB
Pasar Cik Puan/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bantuan pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru.

"Pak menteri (Mendag) sudah rekomendasikan pembangunan Pasar Cik Puan. Seperti yang beliau sampaikan, yang membangun adalah Kementerian PUPR," ujar Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Rabu (25/6/2024).

Dikatakannya, awalnya proposal bantuan pembangunan Pasar Cik Puan ditujukan Pemko Pekanbaru kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Mengingat anggaran yang besar, Kemendag menyarankan agar pembangunan Pasar Cik Puan tersebut dikerjakan langsung oleh Kementerian PUPR.

"Rekomendasi dari Mendag ini lantaran biaya pembangunan pasar di atas Rp6 miliar berada di bawah kewenangan Kementerian PUPR," katanya.

Ia menyebut, jika tidak ada rekomendasi dari Mendag, Kementerian PUPR pun tidak mau membangun Pasar Cik Puan tersebut.

"Karena anggarannya besar, maka harus rekomendasi dari Kemendag. Kalau tidak ada rekomendasi, Kementerian PUPR tidak bersedia membangun," jelasnya.

Dengan adanya rekomendasi tersebut, pihaknya berharap pembangunan lanjutan Pasar Cik Puan dapat segera direalisasikan.

"Alhamdulillah sudah ada rekomendasi, harapan kita tentu tahun depan bisa dimulai pembangunannya," ulasnya.

Perlu diketahui, pembangunan Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, telah terhenti sejak 2012 lalu.

Untuk melanjutkan pembangunan pasar tersebut, Pemko Pekanbaru membutuhkan anggaran sekitar Rp80 miliar. Kebutuhan anggaran tersebut sudah diajukan pada 2023 lalu dalam bentuk proposal ke Kementerian Perdagangan.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Terkini