PKPA FH Unilak-Peradi Angkatan ke-23 Hadirkan Pemateri Profesional

PKPA FH Unilak-Peradi Angkatan ke-23 Hadirkan Pemateri Profesional
PKPA: Dekan Fak. Hukum Unilak Dr. Fahmi, SH, MH bersama Sekjend DPN Peradi Hermansyah Dulaimi, SH, MH, Ketua DPC Peradi Pekanbaru Yusri Sabri dan Advokat Senior Dr. Suhendro, SH, MH saat pembukaan PKPA Angkatan 2, Sabtu (16/1/2021) lalu.(sukardi)

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM —Pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru terus bergulir. PKPA Peradi Angkatan ke-23 ini menghadirkan sejumlah pemateri profesional dan andal dibidang hukum.

Pembukaan PKPA FH Unilak yang sejak 16 Januari 2021 tersebut dibuka resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Fahmi, SH, MH dan dihadiri langsung Sekretaris Jend (Sekjend) Dewan Pimpinan Pusat (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Hermansyah Dulaimi, SH, MH.

Sebagai salah satu syarat untuk menjadi advokat, PKPA merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh calon advokat, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Advokat Nomor 18 Tahun 2003. Hampir sebagian besar PKPA FH-Unilak bekerjasama dengan PERADI ini diikuti oleh alumni Fakultas Hukum Unilak serta perguruan tinggi lainnya di Riau.

Sejumlah pemateri yang akan memberikan keilmuannya, mulai dari Sekjend DPN PERADI H. Hermansyah Dulaimi, SH, MH, Ketua DPC PERADI Pekanbaru Yusri Sabri, SH, MH, Wakil Ketua Umum DPN PERADI H. Shalih Mangara Sitompul, SH, MH, Dr. Budi Agus Riswandi, SH, M.Hum dari Akademisi Senior FH UII Yogyakarta, Dr. Kapitra Ampera, SH, MH (Advokat Senior), Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Pekanbaru, Elias H Purba, SE, SH, MH dan Dr. Rudi Pardede, SH, MH.

Kemudian sejumlah dosen senior profesional Fakultas Hukum Unilak Pekanbaru diantaranya Dr. H. Iriansyah, SH, MH, Dr. Suhendro SH, M.Hum, Dr. H. Mohd. Yusuf Daeng, SH, MH, Ph.D, Yetti, SH, M.Hum, Ph.D serta Masyud Asyahari, SH, M.Kn dari Akademisi Senior Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Demikian disampaikan Panitia Pelaksana PKPA FH-Unilak, Robert Libra, SH, MH, Kamis (4/2/2021). Menurut Robert Libra, untuk jadwal PKPA FH-Unilak ini berlangsung selama satu bulan penuh dan sudah memasuki minggu ke-IV.

“PKPA sudah berlangsung satu bulan penuh. Memasuki minggu ke-IV pada Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2021. Untuk penutupan PKPA kita akan dilaksanakan pada Minggu 7 Februari 2021 dan tentunya selama melaksanakan PKPA ini, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19,”ujar Robert Libra.

Di angkatan ke-23 ini, yang mengikuti PKPA di Fakultas Hukum Unilak ini hampir sebagian besar dari mahasiswa Unilak dan juga dari perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara itu, salah seorang peserta PKPA DPN PERADI, Romher, SH, MH mengatakan, jika kegiatan PKPA ini sangat baik untuk menambah keilmuan dan tentunya siap untuk menjadi calon Advokat. Sebab, setelah melalui pendidikan ini, maka dilanjutkan dengan Ujian Profesi Advokat (UPA) Tahun 2021, yang dijadwalkan akan terlaksana di bulan April 2021.

“Insya Allah, minggu ke-IV ini kita akan mengikuti PKPA sekaligus penutupan, pada hari Minggu 7 Februari 2021 di Gedung II Lantai II Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning. Harapan kami bisa lulus dengan baik, sesuai dengan materi keilmuan yang diberikan selama PKPA,” ungkap pensiunan ASN asal Pelalawan ini.(kr)

Berita Lainnya

Index