Sejarah Bagi FH Unilak, Jalin Kerjasama dengan IDI Riau

Sejarah Bagi FH Unilak, Jalin Kerjasama dengan IDI Riau

RIAUREVIEW.COM --Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau dan Fakultas Hukum (FH)  Universitas Lancang Kuning (Unilak) menciptakan sejarah baru dalam dunia pendidikan khususnya di Riau, sejarah itu dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman MoU (Memorandum of Understanding) antara dua institusi dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

MoU ini dilatarbelakangi dengan keinginan kuat dari IDI Riau dan  FH Unilak untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan dan memajukan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan pengajaran, pengabdian, penelitian serta pendampingan hukum.

Penandatanganan MOU dilakukan di sekretariat IDI Riau di RS Awal Bros Pekanbaru antara Dekan FH Unilak Dr. Fahmi, SH, MH dengan ketua IDI Riau Dr. Zul Asdi, SP.B, M.Kes.

Sebelum pelaksanaan MOU, dua institusi ini saling berdiskusi dan memperkenalkan diri tentang IDI dan FH Unilak. Penandatanganan MOU berlangsung lancar dan cepat dan disaksikan oleh Wakil Dekan III Irfansyah, S.Pi, SH, MH, sementara dari IDI Riau hadir bendahara dan pengurus lainnya.

Dekan FH Unilak Dr. Fahmi yang dihubungi Rabu, (3/03),mengatakan, MOU ini menjadi sejarah penting dan kabar bahagia bagi civitas akademika FH Unilak.

"Dikarenakan dalam menjalankan tugasnya sebagai Dokter anggota IDI Riau pasti mempunyai risiko atau mengalami masalah hukum, untuk itu dengan adanya kerja sama ini maka IDI Riau akan menunjuk Pengacara dari Tim Lembaga Bantuan Hukum (LBH) FHUnilak yang menjadi kuasa hukum dan mendampingi para dokter selama dalam pemeriksaan dan persidangan" ujar Dr. Fahmi.

Disebutkan Dr. Fahmi, ini merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan oleh IDI Riau kepada Fakultas Hukum. Selama ini LBH FH Unilak sudah bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat yang tidak mampu,demikian juga di Pengadilan Agama Pekanbaru LBH FH Unilak juga ditunjuk untuk mendampingi masyarakat yang tidak mampu. Hal ini membuktikan keberadaan FH Unilak sudah dipercaya karena LBH FH Unilak satu-satunya LBH dari Perguruan Tinggi di Riau yang mendapatkan akreditasi dari Kementerian Hukum & HAM RI. "FH Unilak membuka diri untuk bekerja sama dengan pihak lainnya dalam rangka memajukan pendidikan dan masyarakat di Riau", sebut Dr. Fahmi.

Sementara itu, ketua IDI Riau Dr. Zul Asdi mengucapkan "alhamdulillah hari ini telah dilakukan kerja sama dengan FH Unilak.  Sebenarnya IDI Riau juga telah MOU dengan Unilak dan Pascasarjana Unilak, bahwa profesi dokter dalam beraktivitas (bekerja) juga perlu perlindungan hukum dan perlu  memahami aspek hukum" ujar Dr. Zul Asdi.

"Kerja sama juga bisa berkaitan dengan seminar bersama, bisa penelitian bersama, bakti sosial bersama, konteks kerjasama ini tentunya tentang keilmuan,  dengan adanya LBH ini tentu ketika ada dokter perlu bantuan hukum tentunya kami bisa berkonsultasi ke LBH Fakultas Hukum Unilak," ujar Dr. Zul Asdi. (rilis)

Berita Lainnya

Index