Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil_H. Asmar Bersilaturrahmi dengan Pengurus LAM Meranti

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil_H. Asmar Bersilaturrahmi dengan Pengurus LAM Meranti
Pengurus LAM serta Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil-H. Asmar mengakhiri kunjungannya yang penuh nuansa kekeluargaan itu dengan menyalami para tetua adat dan foto bersama

KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH dan AKBP (Purn) H. Asmar melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi bersama pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kepulauan Meranti, Kunjungan dalam rangka sinergitas sekaligus menerima masukan, sumbang dan saran dari para tetua adat, dalam mewujudkan Kepulauan Meranti maju, cerdas dan bermartabat, bertempat di Gedung LAM Riau Kepulauan Meranti, (11/3/21).

Kedatangan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti yang baru saja dilantik pada 26 Februari yang lalu itu disambut oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Kepulauan Meranti,  Datuk Seri Amanah Haji Ridwan Hasan beserta Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Kepulauan Meranti,  Datuk Seri Amanah Muzamil Baharudin dan sejumlah jajaran LAM Riau Kepulauan Meranti.

Turut Hadir, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol, MM, Ketua MKA LAM Kepulauan Meranti Dt. H. Ridwan Hasan, Ketua LAM Kepulauan Meranti Dt. Muzamil Baharuddin bersama pengurus, Asisten III Setdakab. Kepulauan Meranti H. Rosdaner, beserta jajaran pejabat eselon II, Komunitas Azimat Melayu, serta tokoh agama/adat lainnya yang turut hadir. 

Acara Silaturrahmi antara Bupati Kepulauan Meranti dengan LAMu Riau Kepulauan Meranti ini dibuka dengan kegiatan tepuk tepung tawar sebagai bentuk penghormatan yang dilanjutkan dengan do'a sekaligus ucapan selamat dari LAM Riau Kepulauan Meranti.

Tepuk tepung tawar kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti dilakukan langsung oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Datuk Seri Amanah H. Ridwan Hasan, Ketua Umum LAM Kepulauan Meranti Datuk Seri Muzamil Baharudin, Datuk H. Samsudin Sulung, Datuk H. Kasam Usman, Datuk H. Abdul Muint, Datuk H. Ahmad Al-Khudri, dan Datuk Agus Suliadi Mukhtar, SH.

Silaturahmi yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti diawal masa jabatannya ini bertujuan untuk  membangun sinergitas antara Pemkab Kepulauan Meranti dan LAM Riau Kepulauan Meranti untuk dalam mewujudkan Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat dalam membangun Kepulauan Meranti kedepannya.

Diawal masa kepemimpinannya, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil merasa perlu untuk membangun sinergitas dengan banyak pihak terutama LAM Riau, hal itu katanya sebagai bentuk dalam memudahkan realisasi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti masa jabatan 2021-2026.

"Terima kasih saya kepada Pemangku Adat LAM Riau Kabupaten Kepulauan Meranti karena telah berkenan menerima kunjungan kami dan memberikan kesempatan untuk bersilaturrahmi serta bertemu-ramah dengan Pengurus LAM Riau Kabupaten Kepulauan Meranti pada malam hari ini" ujar Bupati Kepulauan Meranti pada sambutannya.

Bupati Kepulauan Meranti menyampaikan visi dan misi yang telah disusun sebelumnya dalam membangun Meranti kedepannya. Beliau telah mendiagnosa beberapa permasalahan yang perlu diselesaikan. Diantaranya, tingkat kemiskinan yang tertinggi di Provinsi Riau, yakni 25,28%, rata-rata lama sekolah anak-anak kita hanya sebesar 7,48 tahun atau hanya sampai kelas 1 SLTP, dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih relatif tinggi yakni 1,15%.

Berangkat dari masalah ini, kami menyusun 7 program strategis yang diharapkan bisa langsung mengena dan menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, "Program strategis ini hanya akan jadi pemanis di bibir jika tidak mampu direalisasikan. Namun juga, merealisasikannya juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kami memerlukan waktu dan dukungan serta do'a semua pihak." ujar H. Muhammad Adil.

Bagai gayung bersambut, Azzam dari Bupati Kepulauan Meranti tersebut disambut baik oleh Ketua Majelis Adat Datuk Seri Amanah H. Ridwan Hasan. Pihak LAM Riau Kepulauan Meranti memberikan dukungan dan do'a dalam menjalankan berbagai program yang akan dijalankan, “Menjalankan amanah hendaklah dilakukan dengan merapatkan barisan, bersatu padu dalam persebatian yang kokoh, "ujar Ridwan Hasan.

Dalam menyampaikan petuah dan amanahnya, Ketua MKA juga menyampaikan keresahan hati beliau terhadap berbagai macam penyakit masyarakat yang merebak dan merusak nilai-nilai ldan budi luhur melayu khususnya di Kepulauan Meranti dengan ia pun berharap kerjasama dari Pemerintah Kabupaten, MUI dan lembaga hukum untuk menuntaskan dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

Bupati H. Muhammad Adil yang baru dilantik bersama pasangannya H. Asmar berencana akan mengeluarkan aturan mengenai kewajiban berbahasa Melayu dan berpakaian Melayu pada setiap hari Jum’at di seluruh perkantoran dan instansi layanan publik, “Kita berencana membuat Perda terkait penggunaan baju dan bahasa Melayu setiap hari Jum’at, agar dasar hukum pelaksanaannya lebih kuat,” ujar Bupati H. Muhammad Adil.

Selain itu, untuk mendukung kinerja LAM Kepulauan Meranti, Bupati H. Muhammad Adil juga berjanji akan merevitalisasi gedung-gedung LAM di Kecamatan yang kondisinya rusak dan tidak terawat, untuk kecamatan yang belum memiliki gedung LAM, akan disusun perencanaan untuk membangun gedung LAM.

Setelah menyampaikan visi dan misinya serta mendengarkan semua masukan dari para pengurus LAM Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil-H. Asmar mengakhiri kunjungannya yang penuh nuansa kekeluargaan itu dengan menyalami para tetua adat dan foto bersama. (Sp)

Berita Lainnya

Index