Pertama di Indonesia, Kasus Covid-19 Varian Inggris Ditemukan di Tangerang


RIAUREVIEW.COM --Kasus pertama varian baru covid-19 dari Inggris ditemukan di Indonesia. Seorang warga Kabupaten Tangerang, Banten terpapar virus tersebut usai melaksanakan perjalanan dari Inggris.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan warga tersebut diketahui terpapar varian baru covid-19 dari Inggris setelah melalui screening.
 
"Ya, ada. Dari Inggris. Tetapi sudah sembuh waktu pulang, setelah karantina di Jakarta. Satu orang yang terkena, tanpa gejala," kata Hendra di Tangerang, Kamis (6/5/2021).
 
Dengan penanganan yang cepat, virus Covid-19 dari Inggris yang dikenal dengan nama B117 itu dengan cepat diatasi. Hendra menyebut warga tersebut belum sempat menularkan ke lingkungan dan warga lain.
 
"Belum (sempat menularkan). Jadi, ibu itu dari luar negeri dan discreening (hingga akhirnya ketahuan, bahwa dirinya terpapar varian Covid-19 diduga B117). Ya, ini kasus impor pertama," ucapnya.
 
Varian Covid-19 B117 diketahui lebih ganas dan memiliki tingkat penularan yang tinggi, sekitar 50 persen dibanding strain aslinya. Virus ini juga lebih mematikan dari varian Covid-19 di Indonesia.
 
Secara umum, penderita varian Covid-19 ini akan merasakan batuk dan sakit tenggorokan. Lalu penderita akan merasakan demam, mengalami kelelahan, dan nyeri otot. Tidak ada yang berbeda dengan gejala umum Covid-19.
 
Sumber: [inews.id]


TULIS KOMENTAR