Bupati Usul Dana CSR Berbentuk Bantuan Sepeda Sebanyak 6.000 Unit

Bupati Silahturahmi dengan Managemen SKK Migas dan PT EMP Mallaca Strait

Bupati  Silahturahmi dengan Managemen SKK Migas dan PT EMP Mallaca Strait
Penyerahan cendra mata dari PT EMP Mallaca Strait untuk Kepulauan Meranti yang diserahkan kepada Bupati H. Muhammad Adil

KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --H. Muhammad Adil, SH bersilahturahmi dengan managemen SKK Migas dan PT EMP Mallaca Straits, sekaligus mendengarkan pemaparan terkait tanggung jawab sosial dan lingkungan (Coorporate Social Responsibelity/CSR). Pada kesempatan itu Bupati H. Muhammad Adil meminta SKK Migas dapat membantu Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mendukung program strategis Bupati dan Wakil Bupati H. Muhammad Adil-H. Asmar salah satunya pengadaan 6.000 sepeda, (31/5/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison, Operation Manager EMP Mallaca Straits Imam Wahyudi, Area Manager EMP Bonar Ari Nindito, Humas EMP Adil Kesuma, Bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol, Asisten I. Syamsuddin, SH, MH, dan jajaran Pejabat Eselon II dan III.

Kepada pihak perusahaan, Bupati H. Muhammad Adil, berharap program CSR yang diberikan dapat disinergikan dengan 7 program strategis Bupati dan Wakil Bupati H. Muhammad Adil-H. Asmar, sehingga apa yang dicita-cita Kepulauan Meranti maju, cerdas dan bermartabat dapat diwujudkan, dikatakan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus yang membawahi Area Sumbagut meliputi Aceh, Kepulauan Riau, Sumut, Riau, serta Sumbar.

Dalam mengembangkan usaha eksplorasi dan eksploitasi Migas khususnya di wilayah Kepulauan Meranti akan terjadi interaksi dengan Pemerintah dan masyarakat, untuk itu demi kelancaran operasional perusahaan dalam rangka mencapai target produksi Migas Nasional perlu dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dengan bertambahnya produksi Migas di wilayah Kepulauan Meranti maka secara otomatis akan meningkatkan jumlah pendapatan PAD Daerah, sejauh ini dikatakan Manager Operasional PT EMP Imam Wanyudi produksi minyak di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Siak masih di bawah target nasional yang berkisar 5.000 Barel dimana target nasional adalah sebanyak 6.200 Barel.

Pihak SKK Migas melalui Humas PT EMP Mallaca Straits menyampaikan program CSR atau pengembangan masyarakat yang akan dijalankan di tahun 2021 adalah:

1.  Bidang Lingkungan dan Infrastruktur
-    Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.
-    Perbaikan jalan.
2. Bidang Program pendidikan
-   Bantuan sarana pendidikan
-   Pelatihan berbasis Online
-   Bantuan pendidikan non formal keagamaan
-   Pengembangan bakat pemuda
-  Sekolah berwawasan lingkungan (Adywiyata)
3. Bidang Ekonomi
-  Pengembangan Panganan olahan Sagu
-  Penguatan lembaga keuangan lokal koperasi jasa keuangan syariah
-  Penguatan pertanian terpadu.
-  Pengembangan kawasan ekowisata
4. Bidang Kesehatan
-  Kerja sama program Posyandu untuk meminimalisir Stunting
-  Peningkatan pelayanan masyarakat.

Setelah medengarkan pemaparan dari pihak perusahaan selanjutnya Bupati H. Muhammad Adil, mengusulkan kepada pihak perusahaan dapat membantu merealisasikan salah satu program strategisnya, yakni membantu 6.000 unit sepeda untuk peserta didik SD kelas 3-6 dan SMP Kelas 1-2.

Selain itu, seperti dipaparkan oleh pihak Bappeda Kepulauan Meranti melalui Kabid Perencanaan Robert, berharap kepada SKK Migas dan PT EMP untuk mendukung 7 program strategis Bupati dan Wakil Bupati H. Muhammad Adil-H. Asmar, yakni:

  1. Membangun infrastruktur dasar Kabupaten Kepulauan Meranti dengan membangun jalan penghubung dari desa, kecamatan hingga Kabupaten.
  2. Meningkatkan dan pemerataan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia melalui program Beasiswa S1 sampai S3.
  3. Menjadikan RSUD Kepulauan Meranti sebagai Rumah Sakit Rujukan dengan konsep ketuk pintu layani dengan hati.
  4. Menciptakan ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak (sapi, kambing, ayam), petani dan nelayan dan pelatihan masyarakat pada Balai Latihan Kerja Agar Mandiri dan mampu membuka peluang kerja.
  5. Menyediakan pemenuhan air bersih yang sehat dan berkualitas melalui pembangunan dan pengelolaan PDAM.
  6. Pelayanan administrasi prima yang mudah, cepat, tepat dan akurat satu hari siap.
  7. Program Keluarga harapan bagi masyarakat kurang mampu di Kepulauan Meranti.

PT EMP Mallacca Straits yang memiliki Area Operasional di Siak, Bengkalis, Dan Kabupaten Kepulauan Meranti seluas 7024.71 KM. OOIP/OGIP 902 MMSTB dan 397 BCF, Produksi Komulatif 239.6 MMBO dan 84.6 BSCF, Produksi saat ini 4670 BPOPD dan 3.3 MMSCFD. (Sp)

Berita Lainnya

Index