Dosen Fakultas Hukum Unilak Laksanakan Penyuluhan tentang Risiko Hukum Perkawinan Siri

Dosen Fakultas Hukum Unilak Laksanakan Penyuluhan tentang Risiko Hukum Perkawinan Siri

RIAUREVIEW.COM --Hukum waris di Indonesia sampai saat ini bersifat pluralistik karena penerapannya di masyarakat cukup beragam. Sebagian masyarakat ada yang tunduk kepada hukum waris Islam, namun ada juga menerapkan hukum waris adat dan hukum waris berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Praktik peralihan hak waris atas tanah di masyarakat tidak jarang menimbulkan perselisihan di antara ahli waris bahkan ada yang terpaksa harus diselesaikan melalui pengadilan.

Untuk menguatkan pemahaman hukum di masyarakat tentang peralihan hak waris atas tanah maka tim dosen Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang terdiri dari Dr. Yeni Triana, S.H., M.H. sebagai ketua bersama Hamdana, S.H., M.H. sebagai anggota telah melaksanakan kewajiban tri dharma perguruan tinggi di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada 3/06/2021 di Kelurahan Sekip, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru dalam bentuk penyuluhan hukum terkait peralihan hak waris atas tanah tersebut.

Hamdana menuturkan "metode pelaksanaan PKM dalam bentuk ceramah, setelahnya diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Materi penyuluhan hukum sebelumnya telah disepakati bersama mitra kegiatan. Sejalan dengan itu maka ditentukan tema, yaitu "Peningkatan Pemahaman tentang Peralihan Hak Waris Tanah di Kelurahan Sekip Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru”. Tutur Hamdana.

"Pelaksanaan penyuluhan hukum tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 dilaksanakan di Masjid Nur Illahi diikuti peserta sebanyak 17 orang merupakan masyarakat di Kelurahan Sekip .Turut hadir dalan acara Ketua RW dan Ketua RT setempat.” Pungkas Hamdana.

"Pada saat bersamaan kegiatan PKM ini berkalaborasi dengan tim PKM dari Fakultas Hukum Unilak juga, yaitu Tim Dr. Irawan Harahap, S.H., S.E.,, MKn. bersama timnya yang memberikan penyuluhan hukum tentang risiko hukum perkawinan siri."Ujar Hamdana.

Ketua RW setempat Agus Faisal mengapresiasi kegiatan PKM ini. “Terima kasih kepada tim Dosen Fakultas Hukum Unilak yang turun ke masyarakat memberikan penyuluhan. Setelah menyimak materi penyuluhan yang disampaikan tim Dosen Fakultas Hukum Unilak, setidaknya telah memberikan konstribusi kepada peningkatan pemahaman hukum sesuai materi yang sampaikan oleh dua tim sekaligus. Ujarnya.

Setelah pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum ini diadakan sesi foto bersama antara pemateri dengan peserta. (LD)

Berita Lainnya

Index