Bupati Kep. Meranti Beserta OPD Temui Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, Ini Tujuannya


KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Keterbatasan anggaran APBD yang dimiliki Kepulauan Meranti untuk mewujudkan target-target pembangunan memaksa Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH bersama OPD terkait memutar otak lebih keras dalam meraih sumber-sumber dana yang berada di provinsi maupun pusat.

Seperti yang saat ini dilakukan Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil bersama rombongan dengan mengunjungi Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jalan Merdeka Utara Jakarta, (10/6/2021).

Turut mendampingi Bupati, Asisten I Sekretaris Daerah Syamsuddin, SH, MH, Plt. Kepala Bappeda Mardiansyah, Inspektor Suhendri, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bambang Supriyanto, Kabag Adpem Sekretaris Daerah  Padli, Kabid Perencanaan Bappeda Robert.

Sesampai di Kantor Kemendagri, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti  H. Muhammad Adil dan rombongan langsung disambut oleh Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Marisi Parulian M.Si didampingi Kasubdit Pinjaman Daerah dan Obligasi Daerah Dyah Paraningrum, SE.

Kepada para pejabat Kemendagri yang menangani masalah fasilitasi dana perimbangan dan pinjaman daerah ini, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil menyampaikan maksut dan tujuannya, yakni dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait rencana dana pinjaman daerah untuk mendukung pembangunan infrastruktur utama di Kepulauan Meranti penunjang peningkatan ekonomi masyarakat, salah satunya untuk menggesa pembangunan jalan poros kabupaten untuk membuka isolasi daerah.

"Dengan terwujudnya pembangunan infrastruktur jalan itu nanti kita berharap Kepulauan Meranti yang selama ini terisolasi dari pulau Sumatera bisa terbuka," ujar H. Muhammad Adil.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Bupati H. Muhammad Adil dan perwakilan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Marisi Parulian, M.Si, sangat mendukung dan menyambut baik rencana tersebut, karena sangat sejalan dengan program Kemendagri dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota di Indonesia.

Untuk memuluskan rencana itu, Direktur Marisi mendorong Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk segera menyiapkan perencanaan secara matang dengan memastikan semua objek pinjaman daerah yang merupakan kewenangan kabupaten, selanjutnya pihak Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah akan memfasilitasi terwujudnya rencana tersebut.

Usai melakukan pertemuan pihak dangan Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Bupati Kabupaten Kepulauan H. Muhammad Adil dan rombongan melanjutkan diskusi dan konsultasi ke Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Bahri, S.STp, M.Si, terkait pelaksanaan program strategis daerah yang akan dijalankan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil-H. Asmar.

Dengan telah dilakukanya pertemuan itu mantan legislator Provinsi Riau dua periode itu berharap, semua perencanaan pembangunan yang tertuang dalam visi dan misi melalui 7 program strategis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti itu dapat berjalan dengan baik sehingga apa yang dicita-citakan bersama, yakni Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat dapat segera terwujud. (Sp)



TULIS KOMENTAR