3 King-Queen Maker Pilpres 2024 Versi Survei LSI Denny JA


RIAUREVIEW.COM --Lembaga survei LSI Denny JA mengungkap ada tiga king dan queen maker pada Pilpres 2024. Ketiga tokoh tersebut adalah Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

"Ada tiga king atau queen maker dalam Pilpres 2024. Mengapa ada tiga tokoh ini kita sebut king atau queen 2024? Karena mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh," kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021).
 
"Tokoh-tokoh itu adalah Megawati Soekarnoputri, kemudian Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto," imbuhnya.
 
Megawati merupakan Ketum PDIP, Prabowo Subianto Ketum Gerindra, dan Airlangga Hartarto Ketum Golkar.
 
Berdasarkan kursi di DPR, PDIP menguasai 128 kursi atau 19,33%, Golkar 85 kursi atau 12,31%, dan Gerindra 78 atau 12,57%. Menurut Adjie, hanya PDIP yang bisa memenuhi syarat 20% kursi, sedangkan Golkar dan Gerindra sudah ada tiga per empat tiket untuk mencalonkan presiden.
 
"Dengan regulasi itu, maka tiga tokoh ini adalah tiga tokoh yang kita sebut sebagai tiga king atau queen 2024. Jadi Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri, kemudian Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dam ketiga adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto," ujar Adjie.
 
Menurut Adjie, meski PDIP bisa mencalonkan capres sendiri, tampaknya Megawati tak akan maju di 2024. Mega, menurut Adjie, saat ini berperan sebagai tokoh bangsa.
 
"Namun demikian, queen maker Megawati Soekarnoputri saat ini kecenderungannya adalah menjadi tokoh bangsa atau Ibu bangsa. Kecil kemungkinan, atau tidak terlihat, intensi dari Ibu Mega untuk maju sebagai capres atau cawapres lagi," ucap Adjie.
 
Sementara Airlangga, menurut Adjie Golkar memiliki kursi nomor dua di parlemen, sehingga berpeluang besar maju dengan berkoalisi. Airlangga berpotensi menjadi capres atau cawapres di 2024.
 
"King maker Airlangga Hartarto berpotensi menjadi capres mau pun cawapres," ucapnya.
King maker ketiga adalah Prabowo Subianto, Gerindra dapat berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat pencapresan. Prabowo juga berpeluang besar menjadi capres 2024.
 
"Prabowo Subianto sebagai king maker, ini kemungkinan hanya berpotensi menjadi capres. Karena istilahnya Prabowo ini sudah naik pangkat dua kali menjadi calon presiden di tahun 2014 dan 2019," imbuhnya.
 
 
Sumber: [detik.com]

 



TULIS KOMENTAR