Riau Satu-satunya Provinsi yang Belum Laksanakan PPDB Online

Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy M Yatim

RIAUREVIEW.COM --Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy M Yatim mengatakan bahwa tertundanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang seharusnya dimulai pada awal pekan ini, menjadikan Riau satu-satunya provinsi di Indonesia yang belum melaksanakan PPDB online.

Dengan kondisi tersebut, Eddy Yatim mengatakan masyarakat menjadi resah karena penundaan PPDB online tersebut. “Kasihan masyarakat. Ini menjadi resah masyarakat di Riau,” kata Eddy Yatim, Jumat (18/6/2021).

Padahal, lanjut dia, Komisi V DPRD Riau sudah berulangkali menanyakan masalah PPDB online ke Disdik Riau. Dan saat itu, Disdik Riau mengatakan tidak ada masalah.

Namun, pada satu hari sebelum hari H, tiba-tiba ada penundaan karena adanya masalah.

“Katanya aplikasi bermasalah dan persoalan lain, pas dipanggil malah tak datang,” kata Eddy Yatim lagi.

Sementara, anggota komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat mengatakan, permasalahan saat ini, Disdik tidak memahami mekanisme penganggaran melalui Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), sehingga nomenklatur terkait pembiayaan PPDB Online tidak dimasukan atau tidak diinput.

Pergub PPDB, kata Ade Hartati hanya memuat petunjuk secara umum terkait pelaksanaan PPDB, tidak memuat hal tentang pembiayaan.

"Maka solusinya adalah, diskresi kebijakan dari Kemendikbud mengingat anggaran BOS bisa digunakan untuk PPDB, dan PPDB dengan sistem offline yang tetap mengacu pada aturan zonasi," tukasnya.***

 

 

Sumber: cakaplah.com



TULIS KOMENTAR