Rekor Belanda yang Bertahan Selama 87 Tahun Akhirnya Pecah

Timnas Belanda. (c) AP Photo

RIAUREVIEW.COM--Kemenangan atas Makedonia Utara dalam laga terakhir Grup C Euro 2020 menjadi catatan apik dalam sejarah Belanda. Mereka baru saja memecahkan rekor yang sudah bertahan selama 87 tahun lamanya.

Seperti diketahui, Belanda bertemu Makedonia Utara di Johan Cruijff Stadiuma pada Senin (21/6/2021) malam WIB. Tim berjuluk Die Oranje keluar sebagai pemenang dengan skor telak 3-0.

Rentetan gol Belanda diawali oleh Memphis Depay pada menit ke-26. Keunggulan 1-0 bertahan cukup lama sampai Georginio Wijnaldum mencetak gol di menit ke-51. Selang tujuh menit, ia kembali membubuhkan namanya di papan skor.

Tambahan tiga poin membuat Belanda semakin kokoh di puncak klasemen Grup C dengan perolehan poin sempurna, sembilan. Mereka pun berhak melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Rekor Lama Akhirnya Pecah

Ini adalah laga ke-10 Belanda di mana mereka memproduksi minimal dua gol dalam setiap pertandingan. Torehan apik tersebut kemudian masuk ke dalam buku sejarah Die Oranje.

Rekor sebelumnya diciptakan sekitar 87 tahun yang lalu. Tepatnya di tahun 1934-1935, di mana Belanda melewati sembilan pertandingan beruntun dengan torehan dua gol dalam setiap laga.

Dalam 10 pertandingan ini, Belanda hanya menelan kekalahan satu kali saja. Yakni ketika bertemu Turki di pentas kualifikasi Piala Dunia 2022 pada bulan Maret lalu. Kala itu, mereka kalah dengan skor 2-4.

Sementara itu, kemenangan terbesar didapatkan saat Belanda menghadapi Gibraltar dalam kompetisi yang sama. Tim asuhan Frank de Boer keluar sebagai pemenang dengan skor telak 7-0.

Catatan Apik Wijnaldum dan Depay

Pertandingan ini juga bakalan dikenang sepanjang masa oleh Wijnaldum. Perlu diketahui sebelumnya bahwa tambahan dua gol dari laga melawan Makedonia Utara membuat perolehan golnya buat Belanda sejauh ini mencapai angka 25.

Secara keseluruhan, Wijnaldum membukukan 25 gol dari 78 penampilan buat Die Oranje. Sekarang perolehan golnya telah melewati legenda Belanda, Marco van Basten, yang sepanjang karirnya mencetak 24 gol dari 58 penampilan.

Memphis Depay juga membukukan catatan apik. Ia menjadi pemain Belanda kedua yang mampu membukukan gol serta asis dalam laga Piala Dunia dan kejuaraan Eropa. Pemain lainnya adalah mantan bintang Inter Milan, Wesley Sneijder.

 

Sumber: bola.net



TULIS KOMENTAR