Akan Survey Titik Minyak, PT Gelombang Seismic Laksanakan Sosialisasi

Akan Survey Titik  Minyak, PT Gelombang Seismic Laksanakan Sosialisasi
Basri Rasid Kepala Desa Tanjung Darul Takzim saat menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi survey seismic 3D Malacca Strait

KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --PT Gelombang Seismc Indonesia (PT GSI) melaksanakan kegiatan sosialisasi survey seismic 3D malacca strait dan memberikan penjelasan kepada masyarakat dengan adanya seismic yang akan melaksanakan pengerjaan di Desa Tanjung Darul Takzim, kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Desa Tanjung Darul Takzim yang bertempat di Sekolah Dasar Negeri 5 Tanjung Katung,

Turut hadir dalam sosialisasi survey seismic 3D malacca strait, Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Zamhur, Danramil Tebing Tinggi Barat Lakattang, Babinsa Desa Tanjung Darul Takzim Muslim, Bhabinkamtibmas Syafrianto, Kepala Desa Tanjung Darul Takzim Basri Rasid,  Manejer PT GSI Turman, Kepala Dusun 1 Tanjung Katung Sunarto, Kepala Dusun 2 Samsul Anwar, Ketua BPD Hermanto, RT, RW serta masyarakat yang turut hadir dalam undangan.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan dan harus dilaksanakan, pada sore hari ini kita dengarkan bersama tentang seismic dan pada sore hari ini juga, masyarakat yang memiliki kebun tidak semua yang hadir dikarenakan terbatasnya dalam membuat suatu kegiatan, yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Daerah, untuk pendataan sementara ini ada data dan nama-nama masyarakat yang kebunnya di lintasi line, di dalam data juga jika tidak terdapat nama-nama bapak serta masyarakat agar secepatnya menyampaikan kepada pihak pemerintah desa.

Sebab setiap line yang melintasi di kebun masyarakat, ada kebun masyarakat yang ada batasnya dan ada juga kebun masyarakat yang tidak ada batasnya kita tidak ingin di dalam pendataan ini terjadi dengan kejadian yang tidak diinginkan dan bagi masyarakat yang memiliki kebun yang terlintasi oleh line itu agar secepatnya diinformasikan kepada pihak pemerintah desa.

"Dalam sosialisasi nanti ada tanya jawab antara pihak perusahaan dengan masyarakat dan di dalam kegiatan sosialisasi inilah kita bertanya tentang kegiatan seismic nantinya agar kita tidak ada penasaran dan tidak ada salah paham dalam menyikapinya". Ujar Kepala Desa Tanjung Darul Takzim Basri Rasid.

Mari kita bersama-sama memberikan izin kepada pihak perusahaan yang akan mengerjakannya terutama kepada perusahaan yang akan mengerjakan nantinya sehingga  kedepan hari nanti memberikan kesempatan untuk masyarakat serta anak-anak kita untuk bisa berkerja di dalam perusahaan yang berkerja.

Di wilayah kita diberikan sumber kehidupan oleh Allah SWT, yakni sumber minyak, namun kita pemilik lahan diatasnya sedangkan di bawah negara yang punya dan negara ini milik kita juga, namun pihak perusahaan hanya melaksanakan pengerjaan saja, pada sore ini pihak PT GSI akan melaksanakan kegiatan sosialisasi ini juga menyampaikan tentang pengerjaannya, seismic ini hanya mencari dan nanti setelah selesai mencari baru pihak perusahaan yang akan mengerjakannya yang dilewati ini pas di kebun masyarakat setempat.

"Saat lewat nantinya ada tanaman di kebun masyarakat nanti akan dibayar oleh pihak perusahaan sebagai ganti ruginya, begitu juga untuk masyarakat yang hadir pada sore hari ini setelah selesai sosialisasi jangan ada yang tidak mengerti dengan sosialisasi oleh karena itu yang akan disampaikan harus benar-benar dipahami". Ucap Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Zamhur.

Sebagai pemangku kepentingan umumnya di Kepulauan Meranti di 5 kecamatan terkhusus di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, kami kepengen masyarakat hidup yang damai, sejahtera dan pada hari ini tercapai dan kalau mendukung dari pihak masyarakat, nantinya akan mendapatkan dampak positif untuk masyarakat, terutama peluang kerja untuk masyarakat setempat, begitu juga akan menambahkan pendapatan untuk Desa Tanjung Darul Takzim, dan kami berharap pekerjaan perusahaan nantinya akan berjalan dengan baik tidak ada rintangan saat dilapangan.

"Jangan pernah masyarakat membuat suatu permasalahan dan seandainya ada yang kurang senang agar bisa langsung menghubungi pihak perusahaan yang sedang beroperasi dan kami berharap sebagai pihak keamanan agar pengerjaan ini berjalan dengan baik dan tanpa ada hambatan". Kata Danramil Lakattang.

"Kami dari Perusahan Gelombang Seismik Indonesia (PT. GSI) hanya mengerjakan untuk mencari data titik minyak dan PT GSI juga diberikan kepercayaan dari perusahaan EMP untuk mengerjakan seismic ini sehingga kami dari perusahaan seismik ini belum langsung mendapatkan minyak, setelah selesai dikerjakan nanti data akan kami serahkan kepada EMP". Kata Manejer PT GSI Turman.

"Sunguh jelas program pemerintah untuk mendapatkan sumber minyak, untuk pengerjaan yang akan dikerjakan oleh PT GSI ini terdapat 2 kecamatan yang akan dikerjakan terutama di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, setelah dikerjakan kami dari perusahaan melakukan sosialisasi di setiap desa yang kami lewati atau yang kami kerjakan, di Kecamatan Tebing Tinggi Barat itu ada beberapa desa yang sudah dilaksanakan sosialisasi dan untuk Tebing Tinggi Barat terakhir sosialisainya di Desa Tanjung Darul Takzim yang kita laksanakan pada sore hari ini". Ujar Manejer PT GSI Turman.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan tanya jawab masyarakat kepada pihak perusahaan dan kegiatan acara sosialisasi berjalan dengan aman dan tidak ada hambatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,  (Sp)

Berita Lainnya

Index