Sabtu Gubernur Riau Launching Aplikasi PPDB Online SMA/SMK

Sabtu Gubernur Riau Launching Aplikasi PPDB Online SMA/SMK

RIAUREVIEW.COM --Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dijadwalkan akan melaunching dan mensosialisasikan pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online bersama kepala sekolah SMA/SMK se Provinsi Riau, Sabtu (26/6/2021). 

Launching PPDB online itu setelah Dinas Pendidikan Riau mendapatkan bantuan aplikasi dari tim IT Politeknik Caltex Riau (PCR), dan tim IT Universitas Lancang Kuning, dengan menggunakan Google Form. 

"Pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK itu dimulai tanggal 28 Juni. Tapi terlebih dahulu diadakan launching dan sekaligus sosialisasi oleh pak Gubernur Riau. Insya Allah hari Sabtu bersama kepala sekolah, termasuk simulasinya," kata Penjabat Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy kepada  Kamis (24/6/2021).

Masrul Kasmy mengatakan, sejauh ini semua persiapan sistem sudah siap, dengan menggunakan sistem Google Form, bersama tim PCR dan Universitas Lancang Kuning (Unilak).  

"Jadi mereka yang mensuport. Mudah-mudahan pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK di Riau berjalan lancar," cakapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram mengatakan, pihaknya juga sudah melaksanakan sosialisasi dengan operator sekolah untuk penggunaan aplikasi Google Form. Sehingga operator di masing-masing sekolah bisa menjalankan program sistem Google Form bersama tim IT PCR dan Unilak.

"Untuk melancarkan kegiatan PPDB secara online ini, kita sudah memberikan pelatihan selama dua hari kepada operator sekolah. Dengan harapan, persoalan yang teknis timbul di lapangan dapat diselesaikan oleh masing-masing satuan pendidikan. Sehingga tidak ada lagi penumpukan yang datang ke Dinas Pendidikan dalam rangka PPDB," harapnya. 

Zul Ikram mengatakan, untuk pengumuman PPDB tingkat SMA/SMK sederajat mulai pada, Kamis (24/6/2021). Kemudian selanjutnya pendaftaran PPDB akan dimulai 28 Juni-3 Juli 2021. 

Untuk petunjuk teknis PPDB, Disdik Riau telah mendapatkan formasi pendaftaran bagi calon peserta didik baru, mulai dari jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orangtua.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Perguruan Tinggi nomor 1 tahun 2021, ada perubahan penerimaan PPDB sesuai jalurnya. Untuk tingkat SMA, Jalur Afirmasi 15 persen, jalur Zonasi, 50 persen, jalur prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan orangtua 5 persen.

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index