PPDB Ditutup Besok, Kadisdik Anjurkan Siswa Tak Lulus Seleksi segera Daftar ke Sekolah Lain

PPDB Ditutup Besok, Kadisdik Anjurkan Siswa Tak Lulus Seleksi segera Daftar ke Sekolah Lain

RIAUREVIEW.COM --Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), untuk tingkat SMA/SMK Negeri akan ditutup mulai tanggal 4 Juli 2021 pukul 16.00 WIB. Selama pendaftaran PPDB sejak 28 Juni lalu, masih terdapat permasalahan penerimaan siswa terutama untuk jalur zonasi dan jalur prestasi.

Menjawab banyaknya pertanyaan dari orangtua siswa yang mendaftar, karena tidak masuk jalur zonasi dan prestasi, Kepala Dinas Pendidikan, Zul Ikram, mengatakan, untuk penetapan jalur tersebut sudah sesuai dengan petunjuk teknis yang telah dikeluarkan. Sekolah bertanggungjawab terhadap penerimaan siswa sesuai jalur.

“Kalau itu kan teknisnya di sekolah yang lebih tahu sekolah. Kita tidak bisa membandingkan seperti itu untuk zonasi patokannya. Kalau jarak itu ditentukan oleh Google Map. Itu kan tak bisa dibohongi, jadi itu saja patokannya,” ujar Kadisdik Zul Ikram, Jumat (3/7/2021).

Lain lagi soal perangkingan siswa pendaftar. Kata Kadiskes harus diteliti lagi.

“Kalau perangkingan itu kita liat dulu kasusnya, kita tidak bisa mengatakan itu ya atau tidak. Karena kalau untuk jarak itu yang mengatur Google Map-nya yang bekerja. Tapi yang jelas aplikasinya seperti itu, untuk per-angkingan jalur prestasi saya akan coba kroscek dulu,” katanya lagi.

Dijelaskan Zul Ikram, bagi siswa yang sudah tidak masuk lagi untuk tujuan SMA/SMKN yang pertama, lebih baik mendaftar di sekolah negeri yang lain, sebelum tutup masa pendaftaran PPDB besok. Jika tidak lulus pada pendaftaran terakhir, siswa terpaksa harus mendaftar di sekolah swasta.

“Insya Allah besok pendaftaran terakhir. Masyarakat bisa mensegerakan mendaftar bagi yang belum mendaftar. Karena sistem akan kita tutup sesuai hari kerja, jam 16.00 wib sistem kita tutup. Kalau sudah tidak masuk di pendaftaran pertama, segera ke sekolah lain. Siswa tidak bisa mendaftar lagi ke negeri jika tidak masuk dalam kelulusan sekolah,” ungkapnya.

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index