Bukan Hanya Jane Shalimar, 11 Artis dan Figur Publik Ini Juga Meninggal Akibat Covid-19

Bukan Hanya Jane Shalimar, 11 Artis dan Figur Publik Ini Juga Meninggal Akibat Covid-19
Rina Gunawan (Foto: instagram)

RIAUREVIEW.COM --Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memang nyata dan tak memilih korban yang terinfeksi. Tak hanya orang tua, orang muda dan anak-anak dapat meninggal akibat virus SARS Cov-2 itu. Tak hanya itu, virus ini juga tak hanya mengambil banyak nyawa masyarakat Indonesia dari kalangan masyarakat biasa, hingga para artis, politisi dan publik figur papan atas di negeri ini.

Kemarin, kita baru saja dikejutkan Covid-19 telah merenggut nyawa putri Presiden pertama Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri. Hari ini, Minggu (4/7/2021) virus ganas itu kembali mengambil nyawa artis sekaligus politikus Jane Shalimar.

Dikutip dari Beritasatu.com, Jane menjadi artis/figur publik ke-12 yang meninggal akibat terpapar Covid-19. Berikut rangkuman siapa saja artis yang meninggal akibat terpapar Covid-19 semenjak pandemi ini bermula di Maret 2020 lalu.

1. Yopie Latul
Musisi senior Yopie Latul menjadi selebriti tanah air pertama yang meninggal akibat terpapar Covid-19. Pelantun tembang Poco-Poco itu meninggal 9 September 2020 atau dua hari setelah dirinya merayakan hari ulang tahunnya ke 65 tahun. Yopie meninggal setelah didiagnosa Covid-19 dari kategori orang tanpa gejala (OTG) usai dirinya menghadiri sebuah acara di Lido Sukabumi.

2. Syekh Ali Jaber
Ustaz kondang Syekh Ali Jaber menjadi artis sekaligus public figure kedua yang meninggal karena terpapar Covid-19. Pria kelahiran Madinah, 3 Februari 1976 itu meninggal setelah 19 hari menjalani perawatan akibat penyakitnya itu pada 14 Januari 2021. Namun Syekh Ali Jaber dinyatakan negatif saat dirinya meninggal namun karena penyakit penyertanya yang membuat kondisinya makin memburuk dan akhirnya meninggal.

3. Farida Pasha
Aktris senior Farida Pasha menjadi artis ketiga yang meninggal akibat virus Covid-19. Dimana dirinya meninggal pada 16 Januari 2021 setelah sebelumnya dinyatakan positif covid-19. Aktris yang kerap membintangi sinetron film horor dan berperan sebagai Mak lampir itu meninggal saat menjalani perawatan akibat terpapar virus SARS Cov-2 itu. Dan Farida meninggal dan dimakamkan dengan protokoler Covid-19.

4. Soraya Abdullah
Artis Soraya Abdullah meninggal pada 1 Februari 2021 usai dinyatakan Covid-19. Wanita yang telah berhijrah dan menggunakan hijab Syar'i itu meninggal dengan penyakit penyerta asma yang sudah dideritanya sejak lama. Soraya dimakamkan di TPU Jeruk purut dengan protokole Covid-19

5. Rina Gunawan
Artis Rina Gunawan menjadi artis selanjutnya yang meninggal akibat Covid-19. Dimana selain Covid-19 penyakit Asma, Sesak nafas dan sinus menjadi penyakit yang memperparah kondisi Rina hingga akhirnya meninggal pada 2 Maret 2021 di Rumah Sakit Pertamina Jakarta.

Teddy Syah suaminya mengaku telah berjuang semaksimal mungkin untuk menyelamatkan nyawa sang istri. Dimana Covid-19 telah membawa penyakit istrinya bertambah semakin parah dan tak mampu bertahan. Rina sendiri dimakamkan di TPU Tanah Kusir dengan protokoler COvid-19 dimana Teddy sang suami ikut turun langsung memakamkan jenazah istri kesayangannya itu bersama putra pertama mereka.

6. Raditya Oloan Musisi sekaligus pemuka agama Raditya Oloan akhirnya meninggal dunia akibat penyakit Covid-19 yang dideritanya bersama penyakit infeksi pernafasan sebagai penyakit penyertanya. Suami artis Joanna Alexandra itu meninggal pada Kamis, 6 Mei 2021 di RS Persahabatan setelah sebelumnya dirinya dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

7. Fuad Alkhar Alias Wan Abud
Fuad Alkhar atau yang akrab disapa Wan Abud menjadi pengisi daftar artis yang meninggal akibat Covid-19 berikutnya. Wan Abud meninggal pada 18 Juni 2021 di RS UI Depok. Dimana kepergiannya itu terbilang mendadak dan dicurigai dirinya terpapar Covid-19 usai dirinya menghadiri sebuah acara pernikahan tetangganya di dekat kediamannya. Tak hanya itu, sang istri pun tak luput dari paparan Covid-19 meski akhirnya berhasil sembuh.

8. Steven 'Tepeng' N. Kaligis
Steven N Kaligis atau yang akrab disapa Tepeng vokalis grup band Steven & Coconut Trezz meninggal dunia pada 22 Juni 2021 di RS Medika BSD, Tangerang Selatan. Tepeng meninggal usai dinyatakan terpapar Covid-19 dan tengah menjalani perawatan usai didiagnosa Covid-19 yang memperberat penyakit berat yang dirasakannya sejak dahulu.

9. Edy Oglek
Pria bernama lengkap Edy Suwandi atau yang akrab disapa Edy Oglek yang terkenal lewat perannya sebagai Kardun di sinetron Tukang Bubur Naik Haji menjadi artis yang meninggal akibat Covid-19. Komedian seni budaya betawi itu meninggal pada 28 Juni 2021 lalu usai hasil swab PCR mengindikasikan dirinya terpapar Virus Covid-19.

10. Aria Baron eks Gigi
Gitaris Aria Baron yang merupakan mantan personel grup band Gigi menjadi selebiti ke 10 yang meninggal akibat Covid-19. Aria meninggal setelah 2 minggu menjalani perawatan akibat Covid-19. Bahkan Aria sempat meminta bantuan plasma darah konvalesen untuk bisa menyembuhkan penyakitnya. Seluruh personel Gigi kala itu mengunggah permintaan Aria untuk bisa mendapatkan darah konvalesen untuk bisa menyembuhkan penyakitnya. Namun akhirnya, Selasa, 29 Juni 2021 pukul 10.15 WIB, Aria menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta karena penyakitnya semakin bertambah parah.

11. Ki Manteb Sudarsono
Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia pada jumat 2 Juli 2021 lalu di kediamannya di kawasan Karanganyar Solo, Jawa Tengah. Pria yang dikenal sebagai pedalang itu menghembuskan nafasnya di kediamannya saat menjalani isolasi mandiri usai dirinya dinyatakan terpapar Covid-19 usai dirinya menjalani aktivitasnya dengan pentas di TMII Jakarta dan menggelar pementasan virtual dua hari setelahnya. Meski sempat mendapatkan penangan medis dengan pemberian infus dan oksigen, namun nyawa Ki Manteb Sudarsono tak bisa ditolong lagi sebelum sempat dibawa ke rumah sakit.

12. Jane Shalimar
Artis sekaligus Politisi Jane Shalimar menjadi artis ke-12 sejauh ini yang meninggal akibat terpapar Covid-19. Dengan penyakit Asma dan Pneumonia berat yang dideritanya sejak lama membuat wanita kelahiran Jakarta, 2 Juni 1980 akhirnya tak mampu bertahan akibat paparan virus Covid-19 yang menyerangnya.

Keluarga Jane sendiri sempat mengungkapkan kesulitannya mendapatkan perawatan dan ruang ICU lantaran seluruh rumah sakit di Jakarta saat ini memang tengah penuh. Bahkan Jane sebelum akhirnya bisa masuk ke ICU harus rela menjalani perawatan di selasar IGD Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC) lantaran seluruh ruangan di sana penuh imbas lonjakan kasus Covid-19 usai perayaan lebaran Mei 2021 lalu.


 

Sumber: BeritaSatu.com

 

Berita Lainnya

Index