Universitas Sumatera Utara Siap Dukung Sukseskan Program Prioritas H. Muhammad Adil-H. Asmar

Universitas Sumatera Utara Siap Dukung Sukseskan Program Prioritas H. Muhammad Adil-H. Asmar

KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati H. Muhammad Adil, SH menjalin kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Kepulauan Meranti khususnya mencetak dokter spesialis yang berasal dari anak asli Kepulauan Meranti, untuk menjawab tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan prima sesuai visi dan misi H. Muhammad Adil-H. Asmar.

Kedatangan Bupati H. Muhammad Adil bersama Presiden Puja Kesuma Suratman dan rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, didampingi Wakil Rektor I USU Dr. Edy Ikhsan, Wakil Rektor III USU Dr. Popi Anjelisa, S.Si, M.Si, Dekan Fakultas Kedokteran USU Prof. Dr. Aldi Syafruddin, S.pSK, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran USU dr. Inke Diniyati M.Ked, SpA, PhD, dan para dosen pengajar, bertempat di Aula Pertemuan USU,(8/7/2021)

Kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dan USU Medan ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan langsung oleh Bupati H. Muhammad Adil dan Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, disaksikan hadirin dan para dosen pengajar, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki visi untuk mewujudkan Kepulauan Meranti menjadi daerah yang maju, cerdas dan bermartabat.

Telah disusun tujuh program strategis yang salah satunya fokus pada peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi dimana telah memprogramkan 5.000 beasiswa untuk jenjang S-1, S-2, dan S-3, mewujudkan itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas, baik di Riau, Pulau Jawa, dan beberapa universitas di Sumatera, termasuk di USU ini, salah satu jurusan yang akan didukung dengan program beasiswa ini adalah anak Kepulauan Meranti yang akan mengambil progam dokter spesialis.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil berharap setelah lulus nanti mahasiswa asal Kabupaten Kepulauan Meranti ini akan dapat memenuhi kebutuhan dokter spesialis di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga dapat menaikkan kelas RSUD kami dari tipe C ke Tipe B dan yang paling penting dapat menjawab tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan prima.

"Kita berharap kedepan RSUD Kepulauan Meranti menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Provinsi Riau, jika sebelumnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti berobat ke luar daerah nantinya warga luar daerah yang akan berobat ke Meranti, H. Muhammad Adil menyampaikan dihadapan Rektor dan para dosen pengajar, saat ini RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti terus berbenah dan telah memiliki bangunan yang representatif dengan peralatan yang lumayan lengkap, namun belum didukung tenaga dokter spesialis yang lengkap". Ungkap H. Muhammad Adil.

H. Muhammad Adil juga menawarkan kepada para dokter spesialis lulusan USU untuk mengabdi di Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama spesialis Jantung, THT, Mata, Paru, dan Ortopedi, juga tenaga paramedis untuk mendukung pengoperasian peralatan medis yang sudah tersedia dan akan segera disediakan, upaya melengkapi sumber daya dokter spesialis di RSUD ini perlu kami lakukan karena masih banyak warga kami dirujuk ke luar daerah terutama di Pekanbaru dan Tanjungbalai Karimun, bahkan bagi kalangan warga Tionghoa di sana, banyak yang memilih berobat ke Singapura dan Malaysia, terutama Malaka dan Johor karena jaraknya dekat.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil mengucapkan terima kasih yang tinggi atas kesediaan USU terutama Rektor yang telah membuka pintu menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam bidang pengembangan sumber daya manusia ini, semoga nota kesepahaman ini dapat kita kongkritkan dengan perjanjian kerjasama melibatkan OPD teknis sehingga USU terutama alumni-alumni USU dapat memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan bangsa khususnya dalam membantu masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti". Ujarnya.

Rektor USU Dr. Muryanto Amin S.Sos M.Si, dalam pidatonya mengaku bangga atas kunjungan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil karena telah memilih USU untuk kerjasama Tri Dharma, hal itu sejalan dengan misi Kampus USU yang ingin memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. USU punya kewajiban program merdeka belajar dan kampus merdeka, yakni belajar mandiri di luar kampus dalam bentuk magang, KKN dan hal lain yang dinilai layak bagi kampus dan mitra saling menguntungkan satu sama lain". Ungkap Dr. Muryanto.

"USU juga bersedia membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam melakukan riset yang disesuaikan dengan program prioritas di Kepulauan Meranti dengan riset ini diharapkan program prioritas yang dijalan dapat lebih memberikan manfaat, jika dibutuhkan kita siap melakukan riset dan KKN di Kepulauan Meranti dengan menempatkan mahasiswa magang di sana agar masyarakat memiliki kemampuan dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi," Kata Rektor Universitas termuda di Indonesia itu.

Terakhir senada dengan harapan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti  H. Muhammad Adil, Rektor Muryanto berharap MoU yang dilakukan tidak sekedar formalitas tapi dapat ditindaklanjuti dalam mendukung berbagai program prioritas Kabupaten Kepulauan Meranti yang sesuai dengan 7 program strategis menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat (Sp)

Berita Lainnya

Index