Bupati Intruksikan Kepala Sekolah Dukung Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

Bupati Intruksikan Kepala Sekolah Dukung Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH membuka sekaligus mengikuti acara Managemen Skill Training (MTS) bagi Kepala Sekolah dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan Kepala Sekolah tingkat SD agar mampu membuat program yang efektif dan efesien serta dapat mengelola managemen sekolah yang baik untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di Kepulauan Meranti, (18/7/2021).

Hadir dalam acara Plt. Kepala Dinas Pendidikan Meranti Agusyanto, S.Sos, M.Si, Kabid Dikdas Syafrizal, SPd, M.Si, Dewan Pengawas Sekolah serta kepala sekolah tingkat SD se-Kabupaten Meranti, dan lainnya.

Kegiatan managemen skill training ketua panitia, Siti Zahrah setiap Kepala Sekolah di Kepulauan Meranti harus dapat mengikuti perkembangan pendidikan terkini untuk diaktualisasikan di sekolah khususnya kepada peserta didik, sehingga sekolah yang dipimpin mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan pendidikan saat ini.

Hal itu yang medasari dlaksanakannya kegiatan Managemen Skill Training yang digelah oleh Dinas Pendidikan Meranti, ia berharap melalui pelatihan tersebut kepala sekolah mampu membuat program sekolah secara efektif dan efisen sesuai dengan kebutuhan sekolah sekaligus mampu melaksanakan tugas pokoknya dalam mengelola managemen sekolah guna peningkatan layanan dan kualitas pendidikanuntuk mendukung terwujudnya visi misi Meranti yang maju, cerdas dan Bbermartabat, "Ujar Siti Zahrah.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil menilai kegiatan ini sangat tepat dan strategis dalam mendukung suksesnya visi misi khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti "Cerdas", untuk itu ia berharap dengan dilaksanakannya pelatihan untuk peningkatan skill kepalasekolah tersebut mampu mendongkrak peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di bidang pendidikan.

Data yang dikeluarkan oleh BPS Kepulauan Meranti, tingkat rata-rata pendidikan di Kepulauan Meranti hanya sampai kelas 1 SMP, hal ini sangat merisaukan pasangan Bupati dan Wakil Bupati H. Muhammad Adil-H. Asmar dengan memasukan masalah pendidikan di Kepulauan Meranti sebagai salah satu program strategis yang harus dibenahi.

Tak main-main untuk peningkatan SDM Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan beasiswa gratis kepada anak-anak Kepulauan Meranti cerdas yang ingin melanjutkan pendidikan S-1, S-2 dan S-3, dimana tiap desa akan dijatahi 50 orang sarjana dengan total anggaran sebesar 50 miliar.

H. Muhammad Adil berharap dengan diselenggarakannya acara itu, semua kepala sekolah mampu memainkan perannya dengan baik mulai dari perencanaan, koordinasi, pengawasan serta pengendalian di sekolah yang dipimpin, sehingga dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik untuk mengoptimalkan layanan pendidikan prima", harapnya.

"Kepala sekolah juga dituntut untuk menjalin kerjasama yang baik dengan guru, wali murid dan masyarakat, sehingga peran sekolah dapat terlaksanan secara efektif dan efisien dalam mendukung visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti menuju Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat", kata bupati.

Bupati H. Muhammad Adil mengintruksikan "kepada Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan desa dan kecamatan untuk mendata warga Kepulauan Meranti yang putus pendidikan untuk mengikuti Paket A, B dan C dengan begitu dapat mendongkrak rata-rata lama sekolah masyarakat Kepulauan Meranti serta mendukung program smart city yang berbasis teknologi informasi, " instruksi bupati (Sp).

 

Berita Lainnya

Index