29 Perguruan Tinggi di Indonesia Ikut Meramaikan SNPKM Seri Ke-3 Tahun 2021

29 Perguruan Tinggi di Indonesia Ikut Meramaikan SNPKM Seri Ke-3 Tahun 2021

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam menjawab berbagai problematika serta tantangan di masa pandemi dan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, LPPM Universitas Lancang Kuning (Unilak) menyelenggarakan kegiatan seminar nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPKM) seri ke 3 tahun 2021. Selasa (31/08/2021).

Seminar nasional ini didukung oleh empat perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Abulyatama Aceh Besar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjung Pinang, Universitas Jenderal Achmad Yani.

Moderator acara dipandu oleh Dr. Afni Zulkifli, M.Si. kegiatan berlangsung sangat khidmat penuh antusias dari semua peserta tentunya karena LPPM Unilak mendatangkan 2 Keynote Speaker yang berkompeten dibidangnya, yaitu Dr. Sandiaga Salahudin Uno, M.B.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang diwakilkan oleh Dr. Cecep Ucu Rakhman, S.Sos., M.M., Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pariwisata Bandung, serta Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno, S.Pi., M.Si, Guru Besar Institut Pertanian Bogor.

Menurut ketua pantia SNPKM, Dr. David Setiawan, ST, MT total artikel yang dipresentasikan pada hari ini berjumlah 112 artikel dengan rincian 66 artikel bersumber dari 29 perguruan tinggi yang tersebar di 22 kab/kota dalam 14 provinsi di Indonesia dan 46 artikel dari internal Unilak. Artikel yang diseminarkan akan diterbitkan pada prosiding SNPKM ke 3 dan 7 jurnal pengabdian ber-ISSN dan terakreditasi Sinta yang bersedia menjadi publishing partner SNPKM seri ke 3 tahun ini.

Ketua LPPM Unilak, Dr. Jeni Wardi, S.E., M.Ak., Ak., CA., ACPA., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan jawaban dari tantangan para akademisi terhadap konstribusi kepada masyarakat.” Kami mengucapkan terima kasih kepada pak menteri, Rektor Unilak dan perguruan tinggi yang turut mengirimkan artikel, seminar ini penting, karena mampu memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan di Indonesia.”

Rektor Unilak Dr. Junaidi, S.S., M.Hum., dalam sambutannya mengatakan  tidak banyak universitas melaksanakan kegiatan seminar pengabdian di Indonesia, namun LPPM Unilak telah melaksanakan kegaitan ini secara rutin dalam tiga tahun terakhir. “Kita harus memberikan perhatian yang lebih dalam hal pengabdian kepada masyarakat, karena akademisi mempunyai skill untuk itu dan masyarakat membutuhkan pendampingan dari akademisi”, ungkap Dr. Junaidi.

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI Dr. Sandiaga Salahuddin Uno yang memberikan sambutan dalam bentuk video mengatakan, di masa penuh tantangan perguruan tinggi dituntut mampu beradaptasi, berinovasi, berkolaborasi agar bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. “Saya berharap seminar nasional memberikan solusi yang strategis dan implementatif guna membangkitkan perekonomian nasional melalui program pemberdayaan dari akademisi, selamat dan sukses untuk Unilak sudah mewujudkan itu melalui kegiatan seminar pengabdian”.

Dikatakan menteri kelahiran Riau ini , akademisi adalah tokoh intelektual dan cendikiawan yang memiliki tanggung jawab moral dan sosial karena diharapkan mampu mengurai benang kusut, atas permasalahan yang terjadi di masyarakat, mari ambil bagian dengan menjadi agen perubahan yang selalu menebar manfaat, jadi generasi yang  cerdas, terampil dan berahlak mulia.

Pada sesi parallel semua pemakalah mempresentasikan hasil pengabdian masyarakatnya pada room yang sudah dijadwalkan oleh panitia. Kelas parallel ini terdiri dari 10 kelas dengan didampingi oleh Host, Tim IT dan Moderator yang terlibat memandu kegiatan tersebut, diantaranya Olivia Anggie Johar, SH, MH, Sri Wahyuni, M,Si, Ir. Latifa Siswati, MP, Dr. Anto Ariyanto, S.Si, M,Si, Alexsander Yandra, S.IP, M.Si,Yogo Turnandes, M.Kom, Guntoro, ST, M.Kom, Lisnawita, M.Kom, Lusi Dwi Putri, ST, MT, Amalia, SP, MP, Ismar Husnudin.ST, Elmi, SE., Niken dan Firmansyah, S. Pd. I

Selain itu sesi parallel juga dibantu oleh moderator luar Unilak, yaitu Prof. Dr. Leny Nofianti, MS, SE, Msi, Ak, CA dari UIN Suska Riau, Cut Rahmawati, ST, MT dari Universitas Abulyatama, Eka Kurnia Saputra, ST, MM dari STIE Pembangunan Tanjung Pinang dan Eddy Winarso, SE, M.Si, MBA PhD, Ak, CA serta Rizki Indrawan, SE, M.Ak, Ak, CA, CADE, CAAT dari Universitas Jenderal Achmad Yani, sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan. (Rls)

Berita Lainnya

Index