Fahri Hamzah Puji Amien Rais Sebagai Tokoh Reformis

Fahri Hamzah Puji Amien Rais Sebagai Tokoh Reformis

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fahri Hamzah memuji Amien Rais sebagai seorang tokoh reformis. Hal ini diungkapkan Fahri dalam diskusi yang diselenggarakan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) Partai Amanat Nasional (PAN) di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

"Pak Amien memilih menjadi reformis," tutur Fahri seperti dilansir kompas.com.

Menurut dia, Amien merupakan tokoh reformasi yang relevan. Pasalnya, Amien memahami sikap sesuai dengan zaman, seperti pada masa reformasi 1998 yang membutuhkan adanya suksesi kepemimpinan.

"Saat menjelang sidang MPR tahun 1997, Pak Amien mengatakan kesalahan fatal jika MPR kembali memilih Soeharto sebagai presiden," ujar Fahri di Kantor DPP PAN, Jakarta.

Fahri menyatakan, tidak ada tokoh yang berani menyatakan hal seperti itu pada saat itu. Namun demikian, Amien berani mengungkapkannya dengan lantang.

Fahri pun mempertanyakan sikap beberapa pihak yang mengkritik Amien. Padahal, Amien tidak hanya mengkritik pemerintahan Orde Baru, namun juga siapapun pemimpin yang tengah berkuasa di Indonesia.

"Kalau anggap Pak Amien kritis terhadap Jokowi, dia juga kritis terhadap Soeharto, Pak Habibie, Gus Dur, Bu Mega, dan Pak SBY dikritis, karena dia membangun sikap kritis," ungkap Fahri.

Ia menuturkan, Amien pun sempat ditawari posisi penting pada saat transisi kekuasan. Meskipun demikian, Amien malah memilih untuk mendirikan PAN agar demokrasi dan reformasi Indonesia sehat.

"Ketika Pak Harto mundur, saya lihat Pak Amien digoda luar biasa. Dia tidak mau langsung pindah menjadi ketua DPA (Dewan Pertimbangan Agung), dia bikin partai politik," sebut Fahri.

Berita Lainnya

Index