Pasangan Leani/Khalimatus Sumbang Emas untuk Indonesia

Leani Ratri (kiri)/Khalimatus Sadiyah (kanan)./Dok. NPC Indonesia

RIAUREVIEW.COM --Pasangan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dari cabang olahraga para-bulu tangkis berhasil meraih medali emas untuk Indonesia dalam Paralimpiade Tokyo 2020. Pasangan yang tampil di nomor ganda putri kategori SL3-SU5 tersebut mengalahkan Cheng Hefang/Ma Huihui (China) pada laga final di Yoyogi National Stadium, Sabtu (4/9/2021).

Leani/Khalimatus unggul dua gim langsung atas Cheng Hefang/Ma Muihui dengan skor 21-18, 21-12 hanya dalam tempo 32 menit.

Leani merupakan atlet parabadminton kelahiran Kampar, 6 Mei 1991. Sedangkan pasangannya Khalimatus Sadiyah merupakan kelahiran Mojokerto, Jawa Timur 17 September 1999.

Dengan diraihnya medali Emas melalui pasangan Leani/Khalimatus saat ini Indonesia berada di peringkat 53. Sebelumnya pada hari yang sama Indonesia juga mendulang dua mendali, yakni perak dan perunggu, dari cabor badminton Paralimpiade Tokyo.

Medali perak dipersembahkan oleh tunggal putra Dheva Anrimusthi, yang turun di kategori SU5. Pada laga final, Dheva belum beruntung dan harus mengakui keunggulan wakil Malaysia Cheah Liek Hou dua gim langsung 17-21, 15-21.
Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Suryo Nugroho (tunggal putra SU5) setelah memenangi duel perebutan tempat ketiga kontra Fang Jen Yu (Taiwan). Suryo Nugroho menang straight game atas Fan Jen Yu dengan skor meyakinkan 21-16, 21-9.

Dengan tambahan medali dari cabor para-badminton Indonesia kini menempati peringkat ke-53 klasemen medali Paralimpiade Tokyo 2020.

Indonesia masih memiliki kesempatan untuk menambah kepingan medali dari cabor badminton Paralimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, pada Ahad (5/9/2021), ada tiga wakil Indonesia yang akan tampil di partai puncak, yakni di nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran.

Dari sektor tunggal putra kategori SL4, Fredy Setiawan akan berduel melawan Tarun (India) dalam perebutan medali perunggu.

Kemudian, di nomor ganda putri SL4, Leani Ratri Oktila akan bertemu wakil China Cheng Hefang di partai final untuk memperebutkan medali emas.

Sementara itu, dari sektor ganda campuran SL4-SU5, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila bakal tampil dalam laga perebutan medali emas melawan Lucas Mazur/Faustine Noel (Perancis).

 

Sumber: cakaplah.com



TULIS KOMENTAR