Majukan Pendidikan di Riau, Unilak UIN Suska Jalin Kerjasama


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru bersama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Pekanbaru menjalin kerjasama yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UIN Suska Prof. Khairunas, M.Ag dan Rektor Unilak Dr. Junaidi, SS, M.Hum di gedung Rektorat UIN, Selasa/07/09/2021.

Penandatanganan kerjasama terasa istimewa, saat itu Rektor UIN Prof. Dr. Khairunas Rajab, M.Ag, memperkenalkan jajaran fakultas dan pascasarjana yang hadir, serta kepala biro kepada Rektor Unilak.

Diawal pertemuan, Prof Khairunas menjelaskan bahwa UIN adalah perguruan tinggi yang pluralisme yang menerima semua kalangan untuk pendidikan di UIN, mahasiswa UIN lebih dari 31 ribu orang yang berasal dari berbagai kalangan. Saat menjamu rombongan Unilak, suasana pertemuan berlangsung akrab dan penuh dengan kekeluargaan.

"Hari ini dua perguruan tinggi UIN  yang berbatas dengan Kampar dan Unilak berbatas dengan Siak tapi tetap berada di kota Pekanbaru sepakat melakukan kerjasama. Pertemuan itu diharapkan menjadi hubungan baik antara UIN  Unilak diaplikasikan secara nyata. Ujar Prof Khairunas saat mengawali dialog.

Dijelaskan Prof Khairunas apa yang kami (UIN) miliki mungkin tidak ada di sana, tapi apa yang ada di sana tidak ada di sini, maka ini yang bisa kita kolaborasikan, kita kerjasama  dan saling menguntungkan. "Seperti fakultas budaya di Unilak, UIN tidak ada, dan yang menjadi azam UIN tentang budaya maka ini bisa bekerja sama dengan Unilak, dan ini sesuai dengan cita cita, ujar Prof Khairunas.

Sementara itu, Rektor Unilak Dr. Junaidi menyambut gembira terlaksana MoU dengan UIN, orang nomor satu di Unilak juga menjelaskan berbagai informasi tentang Unilak, mulai dari fakultas, program studi, dan pascasarjana.

"Kami (Unilak ) yakin kerjasama dengan UIN banyak yang bisa dilakukan dan memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia, Unilak adalah kampus yang berbudaya Melayu yang ingin terus menguatkan keilmuan keislaman, dan MoU UIN - Unilak adalah tepat dan sejalan".

Dijelaskan Dr. Junaidi, beberapa bidang kerjasama bisa terkait dengan ekonomi syariah, Perbankan syariah, hukum Islam, kemudian dalam bidang sastra Melayu juga terbuka lebar untuk bekerja sama dan bidang lainnya.

Saat pelaksanaan turut hadir Kepala Bagian Kerjasama Unilak Dr. Adolf Bastian. M.Pd, Wakil Dekan III Fekon Unilak Dini Onasis, SE, SH, MM, Ak,CA, Kabag Media M. Revnu Ohara, S.Ikom. Magnitudo. Ikom, sementara dari UIN hadir jajaran dekan se lingkungan UIN, dan Wakil Rektor III Edi Erwan, M.Sc, Ph.D.



TULIS KOMENTAR