Pekanbaru Dilanda Panas Terik, Ternyata Ini Penyebabnya


RIAUREVIEW.COM --Beberapa hari terakhir, Kota Pekanbaru dilanda panas yang begitu terik. Bahkan suhu pernah mencapai 35.5 derajat Celcius.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo mengatakan dalam beberapa waktu terakhir secara umum, suhu memang cukup panas antara 33 - 35.5 derajat celcius.

"Penyebab utamanya adalah ada pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan sehingga menarik massa udara di wilayah Riau menuju ke titik tersebut, sehingga uap air pembentuk awan hujan di Provinsi Riau menjadi berkurang," cakapnya.

Ia mengatakan untuk kondisi seperti ini seharusnya tidak akan lama.

"Seharusnya tidak lama ya, dikarenakan pusat tekanan rendahnya sudah melemah dan hari ini potensi hujan juga cukup baik. Fenomena anomali cuaca seperti ini masih dikategorikan wajar dan normal," sebutnya.

Disinggung apakah munculnya titik panas menjadi salah satu faktor penyebab, Ahmad Agus malah mengatakan jika munculnya titik api/titik panas saat ini justru efek dari suhu udara yang cukup panas yang terjadi.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 35.0 °C dengan kelembapan udara 45 – 97 %. Sementara arah angin berhembus Selatan – Barat dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah). 

 

Sumber: cakaplah.com



TULIS KOMENTAR