H. Muhammad Adil Meresmikan Konfercab Ke-1 GP Ansor Kepulauan Meranti

H. Muhammad Adil Meresmikan Konfercab Ke-1 GP Ansor Kepulauan Meranti

MERANTI,  RIAUREVIEW.COM --Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil membuka secara resmi Konferensi Cabang (Konfercab) ke - 1 Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021, berharap kepengurusan yang baru mantapkan sinergitas dengan Visi dan Misi serta 7 Strategis Pemkab. Meranti. Bertempat diaula Pondok Pesantren Al-Aqobah, Gogok Darussalam, (16/10/2021.)

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapwesean Tenri Guling, Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Meranti Sulman, Ketua PW GP Ansor Provinsi Riau Purwaji, Ketua PCNU Kepulauan Meranti Ramlan Abdullah, Ketua GP Ansor Kepulauan Meranti Khusairi, Ketua PAC GP Ansor se - Kabupaten Kepulauan Meranti serta jajaran Pengurus GP. Ansor, Banser, ISNU, PMII, IPNU serta Banom NU lainnya.

Terlihat hadir mendampingi Bupati, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Plt. Kadis Dukcapil Ramlan, Plt. Kasat Pol PP Masdiana, Plt. Kadis Perhubungan Nurdin, Kabag Kesra Setda Hasan, Kasubag Prokopim Saputra, Camat Tebing Tinggi Barat serta unsur Ormas/OKP lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil menyambut baik kegiatan Konfercab ini, lahirnya kepengurusan baru mampu mendukung Visi dan Misi, 7 Program Strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Komposisi kepengurusan yang baru nantinya diharapkan memiliki Kamampuan pengendalian diri dalam keterbukaan informasi publik, sehingga kedepan sinergitas dengan Pemkab. Meranti terjalin dengan baik,” Kata Adil.

Bupati Adil juga menginginkan organisasi GP Ansor berkembang sampai ke akar rumput,  sehingga dalam proses membantu kinerja pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dapat maksimal.

“Kalau bisa pengurus baru nantinya punya target, minimal 1 Desa 100 anggota Ansor Banser, kalau dikumpul jadi 1000 anggota disetiap Kecamatan, nanti gampang kita dari Pemkab. Meranti, kalau ada kebakaran, banjir atau musibah lain kita terbantu. Intinya jadi pengurus itu harus bersikap guyup dan kroyokan dalam pekerjaan agar segalanya menjadi ringan” Ucap Adil sambil tersenyum lebar.

Lebih jauh, dalam kesempatan itu Adil juga menceritakan salah satu Program Meranti Cerdas, dimana masyarakat Meranti harus sarjana, minimal 1 Desa 50 Sarjana, 5 Magister dan 2 Doktor. Untuk mewujudkannya, Pemkab. Meranti telah melakukan MoU dengan berbagai kampus ternama juga telah menganggarkan dana sebesar 12.5 Miliar/Tahun.

"Baru baru ini kita sudah memberangkatkan 7 orang anak Meranti yang cerdas untuk menempuh pendidikan dokter, kita berharap setelah tamat nanti mereka dapat bekerja didaerah untuk membangun Meranti. Untuk guru-guru dibawah naungan Kementerian Agama insyallah januari sudah bisa dibayarkan." katanya.

Selanjutnya Bupati juga memaparkan program yang cukup fenomenal dan mungkin satu-satunya di Indonesia yakni berobat gratis hanya dengan menggunakan KTP Meranti. Program ini sudah berjalan sejak dilaunching pada 2 Agustus 2021 lalu.

Kemudian pembuatan KTP/KK dan Akte Kelahiran 1 hari siap, dan jemput bola hingga kepelosok desa. Bupati Adil menargetkan dalam 1 tahun kedepan tidak ada lagi masyarakat Meranti yang tidak memiliki KTP.

“Sekarang lahir hari ini langsung diterbitkan Akte Kelahiran, meninggal hari ini langsung terbit Akte Kematian, nikahpun hari ini langsung diantar KK/KTP saat resepsi, kalau tak berjalan itu, kita ganti kadisnya,” Tegas Adil.

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji sangat mengapresiasi langkah cepat Bupati dalam mewujudkan 7 Program Strategis Pemkab. Meranti.

Purwaji juga mengucapkan trimakasih kepada Bupati Meranti karena telah membuka ruang selebar-lebarnya untuk pengurus GP. Ansor dan Banser dalam berkhidmat kepada Pemkab. Meranti dan masyarakat.

“Pertama tentu Saya berterimakasih kepada Kiai, Sahabat, Guru, Senior dan seluruh pengurus yang berkhidmat di Ansor Banser Kepulauan Meranti.  Begitupun Pak Bupati telah banyak membantu GP Ansor, termasuk wacana kita membangun Rumah Tolensi PW Ansor Riau, Bupati dan Kapolres juga ikut memberikan sumbangsih,” Ucap Purwaji.

Sejalan dengan Bupati, Purwaji juga berharap kedepan kepengurusan GP Ansor Banser lebih solid dan terus mengembangkan diri sampai keakar rumput.

“Saya berharap datang lagi ke Kepulauan Meranti dalam agenda melantik seluruh pengurus ranting GP Ansor Banser se - Kepulauan Meranti, ” Tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapwesean Tenri Guling,  bahwa dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat Polri tidak akan bisa bekerja sendiri dan Polri harus bisa berkejasama dengan stake holder lainnya guna mewujudkan hal terserbut.

Dikatakan Kapolres, salah satu mitra Polri dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat adalah Gerakan Pemuda Ansor dimana GP. Ansor yang merupakan salah satu badan otonom dari Nahdatul Ulama (NU) yang telah berdiri di Indonesia sejak tanggal 24 April 1934 ini.

“Saya yakin dan percaya apa yang sudah menjadi kebijaksanaan pemerintah akan didukung sepenuhnya oleh Gerakan Pemuda Ansor dan seluruh ulama yang hadir saat ini,” Tutupnya. (Sp)

Berita Lainnya

Index