Datang Ke Unilak, Ini Yang Dilakukan Komisi Informasi Riau


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Komisi Informasi (KI) Riau melakukan kunjungan ke Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru dalam rangka monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik. Unilak sebagai peruguruan tinggi badan publik melayani masyarakat dalam pelayanan informasi publik. Selasa/19/10/2021.

Kedatangan Komisi Informasi Riau dipimpin langsung oleh Komisioner KI Riau Alnofrizal beserta tim. Tiba di Unilak sekitar jam 2.30 siang di sambut hangat oleh Kepala Biro Umum Unilak Jufrinata SH, dan Pejabat Pengelola Informasi Publik yang juga Kabag Media dan Promosi M Revnu Ohara.S.Ikom.M.Ikom dan beserta staf.

Pertemuan dalam rangka monev berlangsung di gedung Rektorat lantai III Unilak, saat tiba Alnofrizal menyampaikan maksud dan tujuan monev ke Unilak, kemudian dirinya menjabarkan panjang lebar peran dan fungsi Komisi Informasi Riau. Sementara itu, PPID Unilak Revnu Ohara menyambut baik kunjungan Komisi Informasi, dalam pertemuan itu Revnu mengucapakan terima kasih atas masukan dan saran dari tim KI Riau dalam membantu Unilak dalam dalam bidang keterbukaan informasi.

Di saat itu juga tim KI Riau memberikan kusioner kepada Unilak yang berisikan pertanyaan tentang keterbukaan informasi yang ada di Unilak. Satu bulan sebelumnya KI Riau telah menyerahkan ke Unilak SAQ (Self Assessment Questionnaire). " SAQ dari KI Riau telah diisi dan siap untuk diserahkan ke KI Riau, " ujar Revnu.

Ditemui usai pertemuan, Komisioner KI Riau Alnofrizal mengatakan, kami datang ke Unilak untuk memastikan Unilak sebagai badan publik betul-betul telah amanah menjalan UU Keterbukaan Informasi Publik. " jadi kami melakukan monitoring sekaligus evaluasi terhadap penerapan terhadap implementasi UU ini dikampus sini, kami mau melihat sejauh mana Unilak menjalankan tata kelola informasi yang sesuai UU, dan sesuai peraturan konfirmas informasi, dan ini adalah kegiatan tiap tahun, tahun-tahun sebelumnya juga datang ke Unilak, alhamdulilah Unilak selalu mengalami peningkatan.

Dikatakan Alnof, dalam ajang KI Award yang diadakan oleh Komisi Informasi Riau, Unilak mendapatkan penghargaan yang terus meningkat. Diawal-awal masuk ketegori cukup informatif, kemudian meningkat masuk ketegori menuju informatif dan mudah mudahan mencapai informatif. Badan Publik Informatif adalah kategori tertinggi/terbaik yang diberkan KI Riau, dan direncanakan KI Award akan dilakuan di akhir tahun 2021.

Sementara itu PPID Unilak M Revnu mengatakan Unilak berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik, beberapa peningkatan layanan diantaranya melakuan percepatan dan inovasi dalam memberikan informasi yang dapat juga di akses atau memanfaatkan di media sosial.  " Keterbukaan informasi ini sejalan dengan visi Unilak untuk menjadi universitas unggul berlandaskan budaya Melayu tahun 2030."



TULIS KOMENTAR