Menang atas Brighton 4-0, Liverpool Finis Empat Besar

Menang atas Brighton 4-0, Liverpool Finis Empat Besar

LIVERPOOL, RIAUREVIEW.COM -Liverpool memastikan finis empat besar musim ini setelah menang empat gol tanpa balas atas Brighton and Holve Albion di pekan pamungkas.

Pada laga ke-38 yang dihelat di Anfield, Minggu (13/5/2018) dilansir sepakbola.detik.com, Liverpool unggul dua gol lebih dulu di babak pertama lewat Mohamed Salah dan Dejan Lovren.

Di babak kedua, Dominic Solanke dan Andy Robertson menambah dua gol lagi untuk The Reds. Alhasil, tim asuhan Juergen Klopp itu finis posisi keempat dengan 75 poin dan lolos langsung ke fase grup Liga Champions 2018/2019, unggul lima poin atas Chelsea finis kelima usai kalah 0-3 dari Newcastle United.

Brighton menyudahi musim debutnya di Premier League pada posisi ke-15 dengan 40 poin.

Jalannya Pertandingan

Meski cuma butuh seri untuk memastikan finis empat besar, Liverpool tetap tampil full team dan bahkan memainkan empat pemain bertipe menyerangnya. Selain trio Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane, ada juga Dominic Solanke.

Baru enam menit berjalan, Liverpool sudah mendapat kans lewat tembakan Firmino tapi Lewis Dunk mampu memblok di depan kotak penalti. Dua menit setelahnya Solanke mendapat bola dari hasil blunder Dunk tapi kiper Matt Ryan dengan sigap merebut dari kakinya.

Di menit ke-19 Mane mendapat peluang tapi dalam situasi satu lawan satu, sepakan pemain Senegal itu mampu diadang Ryan dari sudut sempit.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-26 ketika Liverpool mampu menjebol jala Brighton lewat gol Salah. Ini adalah gol ke-32 Salah di Premier League musim ini yang memecahkan rekor di kompetisi itu.

Hantam Brighton 4-0, Liverpool Finis Empat BesarMohamed Salah mencetak gol ke gawang Brighton (Phil Noble/Reuters)

Bola liar yang gagal diantisipasi pertahanan Brighton jatuh di kaki Solanke dan mengoper kepada Salah yang menembaknya ke pojok kiri gawang.

Gol tersebut membuat publik Anfield makin menggelora dan Liverpool juga tambah semangat mengejar gol tambahan. Di menit ke-30, Mane mendapat posisi bebas untuk mencetak gol dan saat berhadapan dengan kiper, dia mengoper kepada Salah.

Ryan dengan cepat mengadang bola tembakan Salah dan lantas berujung sepak pojok.

Liverpool memperbesar keunggulannya pada menit ke-40. Berawal korner yang diantisipasi pertahanan Brighton, bola lantas berakhir di Robertson yang mengirim umpan silang ke tiang jauh dan disundul dengan sempurna oleh Lovren.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Liverpool masih mendominasi pertandingan dan tak mengendurkan tekanannya. Empat menit kemudian Firmino mendapat ruang bebas di depan gawang untuk menembak tapi Ryan mengadangnya.

Gol ketiga Liverpool datang di menit ke-53. Serangan balik cepat Liverpool yang digawangi Salah mampu memecah pertahanan Brighton dan dia pun mengirimkan bola kepada Solanke. Nama terakhir menuntaskan lewat sepakan keras ke pojok atas gawang.

Hantam Brighton 4-0, Liverpool Finis Empat BesarDominic Solanke mencetak gol ketiga Liverpool (Carl Recine/Reuters)

Firmino! Penyerang Brasil itu lagi-lagi membuang peluang untuk mencetak gol. Mendapat umpan Salah dari sisi kanan, Firmino yang berada tanpa pengawalan di depan gawang, menyambut bola tapi Ryan bisa menepisnya.

Liverpool menambah gol lagi di menit ke-85 lewat Robertson yang juga jadi gol pertamanya untuk klub. Pertahanan Brighton gagal mengantisipasi crossing Danny Ings dari sisi kiri dan bola liar dihantam Robertson ke gawang Brighton.

Skor 4-0 menyudahi laga ini dan mengantarkan Liverpool finis empat besar.

Susunan Pemain

Liverpool: Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Sadio Mane (Adam Lallana 74'), Mohamed Salah (Ben Woodburn 84'); Roberto Firmino (Danny Ings 84'); Dominic Solanke. 

Brighton & Hove Albion: Mat Ryan; Ezequiel Schelotto, Lewis Dunk, Shane Duffy (C. Goldson 74'), Gaetan Bong; Davy Propper, Dale Stephens, Beram Kayal (Pascal Gross 58'); Anthony Knockaert, Solly March, Jurgen Locadia (Glen Murray 57').

Berita Lainnya

Index