Wabup Meranti Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2021

Wabup Meranti  Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2021
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar didampingi Ketua DPRD Kepulauan Meranti Jack Ardiansyah saat menghadiri apel gelar operasi zebra Lancang Kuning tahun 2021 di halaman Polres Kepulauan Meranti

MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar pimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2021 di halaman Kantor Polres Kepulauan Meranti (15/11/2021).

Turut hadir dalam apel Ketua DPRD Kepulauan Meranti Jack Ardiansyah, SH, MSi, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Kajari Kepulauan Meranti Waluyo, SH, Kepala KSOP Selatpanjang Sudarto, Danramil 02 Tebing Tinggi diwakili Peltu Lakatang, Danposal Selatpanjang Letda Laut Jerry Hendra, Kepala Kesbangpol Kepulauan Meranti Tazrizal Harahap, Plt Kasatpol PP Kepulauan Meranti Masdiana, dan OPD.

"Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas   Polri akan melaksanakan operasi kewilayahan melalui  pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2021 mulai  tanggal 15-28 November 2021  secara serentak di seluruh Polda dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dengan tetap menerapkan prokes dalam rangka meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas guna memutus penyebaran covid-19", ungkap H. Asmar.

Gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauhmana kesiapan Polres Meranti dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2021 dengan tujuan agar berjalan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan. Perlu diketahui bersama bahwa data dan jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2020 sebanyak 20 kejadian dan mengalami peningkatan sebanyak 2 kejadian apa bila dibandingkan dengan periode  sebelumnya tahun 2019 sebanyak 22 kejadian.

"Jumlah korban meninggal dunia pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2020 adalah sebanyak 9 orang, mengalami penurunan sebanyak 1 orang, dibandingkan priode sebelumnya di tahun 2019 sebanyak 10 orang dan untuk jumlah tilang pada Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2020 sebanyak 760 dan tahun 2019 sebanyak 18.725 dan hal ini mengalami penurunan sebanyak 17.965 tindakan, untuk tindakan teguran pada tahun 2020 sebanyak 1.465 kali sedangkan tahun 2019 sebanyak 5.763 kali mengalami penurunan sebanyak 4.298 kali", papar H. Asmar.

Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan di lalu lintas kita tidak berdiam diri melainkan dituntut untuk bertindak dan melakukan berbagai upaya dalam menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas berguna untuk mengatasi permasalahan lalu lintas dan perlu dilakukan berbagai upaya, untuk menciptakan situasi kamseltibcar lalu lintas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, hal ini supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalau lintas dengan tuntas, dimana saat kita sedang menghadapi pandemi Covid-19, hal ini sangat perlu peran serta stakeholders dalam menciptakan kamseltibcarlantas dimasa pandemi Covid-19",  kata  H. Asmar.

Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2021 bertema "Melalui Operasi Zebra 2021 kita wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap serta pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam menggunakan protokol kesehatan, oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama instansi Pemerintah Daerah dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas, pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2021 kali ini yang menjadi target operasi, yaitu:

  1. Memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) serta  mencegah terjadinya kerumunan masa 2. terciptanya kamseltibcarlantas pada jalur tol, arteri dan tempat wisata memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban lakalantas.

Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa sasaran Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2021 ini, yaitu:

  • Segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster penyebaran Covid-19
  • Masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan
  • Masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas dan
  • Lokasi yang rawan macet pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta rawan kerumunan
  1. .Sasaran penindakan pelanggaran di atas maka diharapkan Operasi Zebra tahun 2021 ini dapat menurunkan lajunya penyebaran Covid-19 dan menekan jumlah korban fatalitas serta meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcarlantas.
  2. Jaga kesehatan jiwa dan raga kita agar selalu dalam keadaan prima laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tunjukkan bahwa saudara adalah polisi lalulintas profesional.
  3. Dalam hal pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan agar melibatkan Pom TNI karena kehadiran dan keberadaan unsur Tom TNI adalah dalam rangka perkuatan unsur pelaksana operasi sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.
  4. Kenali psikologis masyarakat lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas dalam setiap pelaksanaan tugas dan utamakan keselamatan dalam setiap pelaksanaan kegiatan melaksanakan penegakan hukum secara persuasif, tarik simpatik masyarakat dengan ramah, empati, simpatik dan sopan.
  5.  Hindari kegiatan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri.
  6. Selalu ingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu melaksanakan 5M (mencuci tangan, memakai masker,  menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas)

Memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi operasi zebra lancang kuning 2021, Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada masyarakat, Bangsa dan  Negara," Tutup H. Asmar (Sp)

Berita Lainnya

Index