PDIP Diyakini Calonkan Ganjar Jika Anies dan Prabowo Maju Pilpres 2024


RIAUREVIEW.COM --Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai PDIP akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai presiden bila Anies Baswedan dan Prabowo Subianto maju dalam Pilpres 2024. Menurut dia, Ganjar memiliki modal popularitas dan elektabilitas yang tinggi.

Kendati demikian, nasib pencalonan Ganjar bergantung pada strategi yang dilakukan oleh PDIP kedepannya.
 
"Peluang Ganjar untuk dicalonkan itu ada beberapa hal, siapa calon lain yang akan maju. Kalau calon lain yang maju itu calon populer, katakan itu Pak Prabowo atau Pak Anies, PDIP akan cari calon populer juga," kata Arya dalam diskusi daring, Minggu (14/11/2021).
 
Arya menyebut Ganjar tak akan mendapat tiket, jika partai lain tidak mengusung Anies atau Prabowo. Jika skenarionya demikian, maka peluang Puan Maharani diusung PDIP terbuka.
 
"Kalau calon misalnya Pak Anies enggak dapat tiket, mungkin Pak Prabowo tidak maju, dan misal calon populer enggak maju, taruhlah katakan dia enggak maju, kemungkinan akan calonin Puan," katanya.
 
Dia menjelaskan, jika PDIP terburu-buru mencalonkan nama untuk diusung dalam gelaran pesta demokrasi mendatang, maka akan ada banyak reaksi dari pihak luar dan partai lain. Kata Arya, PDIP akan memunculkan nama calon yang bakal diusung pada waktu-waktu jelang pendaftaran.
 
"Pencalonan Ganjar atau Puan itu tergantung bagaimana move politik yang terjadi di luar. Makanya PDIP, saya kira akan menunggu last minute atau mungkin beberapa bulan menjelang pendaftaran," katanya.
 
 
Sumber: [sindonews.com]


TULIS KOMENTAR