Kepala LLDIKTI Wilayah X Bertemua Dosen PNS DPK, Ini Yang Dilakukan


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X yang membawahi empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau, Kepri, dan Jambi melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kepada dosen DPK yang ada di Riau, pertemuan berlangsung di aula Pustaka Universitas Lancang Kuning. Rabu, 17/11/2021.

Dosen DPK adalah dosen yang diangkat sebagai aparatur negara (PNS) di Kopertis dan kemudian ditempatkan di perguruan tinggi swasta. Monev dipimpin langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof.Dr. Herri.MBA, sebagai peserta yaitu dosen DPK yang ada di Provinsi Riau diikuti lebih dari 85 dosen dari berbagai perguruan tinggi seperti UIR, Unilak, Stikes Hangtuah, Stikes Payung Negeri dan lain-lain. Turut hadir Rektor Unilak Dr. Junaidi M.Hum, Wakil Rektor I Zamzami S.Kom.M.Kom, Wakil Rektor II Hardi SE.MM.

Sebagai narasumber dalam monev yaitu Rektor Universitas Baiturahmah Padang Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, dan Reri Anton, ST, MM Kasubbag Pendidik dan Tenaga Kependidikan LLDikti Wilayah X.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Prof Heri mempercayakan kepada Unilak sebagai tempat pertemuan dosen PNS DPK.  " Ini menjadi tempat bagi kita berkomunikasi dan silaturahmi dan sebagian dosen PNS DPK ada di Unilak, jumlahnya sekitar 20an orang. Kehadiran dosen PNS DPK sangat membantu dalam pengelolaan penyelenggaran pendidikan tinggi di PTS Riau."

Sementara itu Prof Heri dalam arahanya mengatakan, dalam catatan/data PDDIKTI di LLDIKTI Wilayah X ada sekitar 100 orang dosen DPK di Riau yang tersebar di berbagai PTS seperti UIR ada ada 42 orang, Unilak 20an, di Pasir Pangaraian dan beberapa di PTS lain. 

Dikatakan Prof Heri, dalam kesempatan monev ini kita bersyukur dapat bertemu , setelah 2 tahun tidak bertatap muka langsung dikarenakan covid 19, dan hanya bisa bersilaturahmi melalui WA dan online. " Tujuan kita hari ini adalah melihat kembali keberadaan kita (dosen) di masing masing PT (perguruan tinggi), kita disini untuk menyamakan persepsi tentang tupoksi sebagai dosen, harapannya dapat menjalankan tupoksi terbaik, sebagai dosen kita diamanahkan melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat."

" Dari Monev ini harapanya dosen PNS DPK menjadi dosen-dosen yang profesional dan menduduki jabatan fungsional tertinggi. Dan dalam catatan kami (LLdikti) ada bapak/ibu berkinerja bagus dan ada yang belum bagus, dan kami ingin tahu persoalan apa yang dihadapi bapak/ibu agar kinerja dosen menjadi baik, dari catatan kita masih ada dosen yang jabatan fungsionalnya/akademik masih asisten ahli, ada yang lektor, lektor kepala dan ada guru besar, dari 100 dosen PNS DPK, ada 9 orang bersatus guru besar.

Dikatakan Prof Heri kehadiran Prof. Dr. Muliar Kasim sebagai narasumber juga dalam rangka meningkat kinerja dosen PNS DPK, beliau banyak memiliki pengalaman baik dalam ruang lingkup di Unand maupuan nasional, karena beliau juga pernah menjadi Rektor Unand dan Wakil Menteri Pendidikan, kita ingin mendapatkan pencerahan pentingnya tugas dan peran dari Dosen.



TULIS KOMENTAR