Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah, Unilak Kerjasama Dengan Bank Muamalat dan Muamalat Institute

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah, Unilak Kerjasama Dengan Bank Muamalat dan Muamalat Institute

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menjalin kerjasama dengan Bank Muamalat dan Muamalat Institute. Perkembangan ekonomi syariah yang tumbuh di Indonesia menjadi peluang besar bagi Unilak untuk turut serta ambil bagian dalam memajukan perekonomian khususnya syariah.

Pelaksanaan kerjasama dituangkan dalam penandatanganan MoU antara Rektor Unilak Dr. Junaidi, M.Hum dengan Branch Manager Muamalat Pekanbaru Muhamad Amin, dan Executive Director Mumalat Institute Anton Hendrianto, turut disaksikan Wakil Rektor I Zamzami, M.Kom, Wakil Rektor II Hardi, SE, MM, Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama Dr. Adolf Bastian, dan sejumlah dekan di lingkungan Unilak, Rabu (7/12/2021).

Diawal pertemuan, Bank Muamalat menjabarkan berbagai perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, Indonesia saat ini menempati 10 besar perekonomian syariah dunia, dan peluang untuk tumbuh dan berkembang semakin besar. Muhamad Amin dalam sambutanNya menyampaikan tentang Bank Mualamat, dikatakannya BPKH (Badan Pengelolan Keuangan Haji) sebagai pemegang saham baru bank Muamalat, dan BPKH ini yang mengelola keuangan haji di Indonesia, dan saat ini  komposisi saham BPKH di Bank Mualamat sebesar 78,4 persen.

"Kesempatan ini kami berharap banyak nantinya akan banyak yang kita kerjasamakan ke depan untuk sama-sama memberikan yang terbaik melalui program-program dan produk-produk, terima kasih kepada Unilak semoga diberikan keberkahan dan sama-sama berkembang dan maju", ujar Muhamad Amin.

Di tempat yang sama Rektor Unilak Dr. Junaidi, M.Hum menyambut baik terjalinnya kerjasama dengan bank Muamalat, Muamalat Institute, Unilak saat ini melihat potensi ekonomi syariah yang besar dan tumbuh di Indonesia menjadi peluang untuk membuka Prodi S1 Ekonomi Syariah, dan kami yakin SDM ekonomi syariah harus diperkuat di Riau. Saat ini di Unilak ada Fakultas Ekonomi dengan dua prodi Akuntansi dan Manajemen, kami telah mengurus persiapan pendirian Prodi Ekonomi Syariah.

"Intistusi pendidikan, perbankan syariah, memiliki peran sangat besar untuk mendorong semakin tumbuhnya ekonomi syariah, dan tentunya dari kerjasama ini memiliki keuntungan bagi Unilak untuk memperkuat proses pendirian Prodi Ekonomi Syariah", ujar Dr Junaidi. (Rls)

Berita Lainnya

Index