576 Mahasiswa STAIN Bengkalis di Wisuda

576 Mahasiswa STAIN Bengkalis di Wisuda
Prof. Dr. H. Samsul Nizar melaksanakan pemindahan kucir usai sidang senat terbuka Wisuda Sarjana Angkatan VII/XXI Tahun 2021, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis berlangsung, Kamis (9/12/2021).(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Sidang senat terbuka Wisuda Sarjana Angkatan VII/XXI Tahun 2021, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis berlangsung, Kamis (9/12/2021). Sidang senat terbuka dipimpin langsung Prof. Dr. H. Samsul Nizar.

Di angkatan VII/XXI Tahun 2021, 576 Wisudawan STAIN Bengkalis dilantik sebagai Sarja Strata Satu di halaman kampus STAIN Bengkalis.  Pada kesempatan itu, pelantikan wisudawan tersebut dihadiri Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten I Andres Wasono.

“Selamat dan tahniah kepada para sarjana strata satu STAIN Bengkalis. Semoga kesuksesan ini dapat membawa semangat serta motivasi baru bagi wisudawan, untuk lebih sukses kedepannya,”ungkap Bupati dalam sambutan tertulisnya dibacakan Andris Wasono.

Kasmarni mengatakan, sebagai seorang sarjana, di mata masyakarat awam, para sarjana memiliki nilai lebih. Publik tidak hanya menilai dari segi keilmuan,namun lebih menitik beratkan kepada moralitas dan nilai-nilai kepatutan yang berlaku di masyarakat. Tuntutan untuk menjadi tauladan serta seorang ilmuwan muda pasti mengiringi. Dan yang tak kalah pentingnya, dibutuhkan juga kecedarsan emosional dan kecedarsan spiritual. Ingat, disiplin dan etika adalah bagian penting dari sebuah kesuksesan.

“Tantangan bagi sarjana kedepannya adalah bagaimana bisa memberdayakan diri sendiri, menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, sesuai motto “non scolae sed vitae discimus” jika kamu telah belajar dengan baik, maka kamu akan bisa juga bekerja dengan layak. Itulah makna yang benar dari ungkapan filosofis “kami belajar untuk hidup”.

Ia menambahkan, orang nomor satu Bengkalis, meskipun telah menyelesaiakan pendidikan, tetap cintailah ilmu. Hadapilah perkembangan zaman dan persaingan dengan terus belajar, baik secara formal dengan melanjutkan ke jenjang S-2 dan S-3 maupun nonformal, melalui pelatihan, bacaan dan sertifikasi. Kuasailah setidaknya  satu spesialisasi dalam profesi yang menjadikan anda memiliki diferensiasi dengan orang lain.

“Mau tidak mau, suka tidak suka,sebagai lulusan perguruan tinggi,saudara-saudari harus siap menuju perubahan besar dalam menghadapi revolusi 4.0. Kehadiran era revolusi 4.0, dalam semua sektor, sudah tidak dapat dielakkan lagi. Kita perlu mempersiapkan langkah-langkah strategis agar mampu beradaptasi dengan era digital ini,”ujarnya lagi.

Satu hal yang menggembirakan, kata Kasmarni bahwa STAIN Bengkalis, sampai saat ini masih tetap eksis. Perlahan tapi pasti, Kampus Melayu ini terus berkembang dan semakin berkontribusi dalam mendukung keberhasilan pembangunan pendidikan, guna mencetak SDM unggul dan berkarakter di Negeri Junjungan  ini.  Untuk itu, ke depan sumbangsih yang telah diberikan selama ini, tentunya harus terus ditingkatkan.

Terakhir Asisten I bersama Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar menyerahkan sertifikat wisudawan terbaik tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolsek Bengkalis AKP Syeh Syarif, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pasiter Komandan Koramil Kapten Arh Isnanu, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, serta Ketua Senat dan Wakil Ketua Senat STAIN Bengkalis, seluruh keluarga besar STAIN Bengkalis.(ra)

Berita Lainnya

Index