Indonesia Vs Singapura: Menang 4-2, Skuad Garuda ke Final Piala AFF 2020

Indonesia Vs Singapura: Menang 4-2, Skuad Garuda ke Final Piala AFF 2020

RAUREVIEW.CIOM --Indonesia maju ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda mengalahkan Singapura 4-2, dalam laga semifinal yang berjalan 120 menit dan diwarnai tiga kartu merah.

Bertanding di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021), Indonesia vs Singapura berjalan ketat dan penuh drama di semifinal Piala AFF leg kedua. Di babak pertama, Indonesia memimpin lebih dulu lewat gol Ezra Walian.
 
Jelang babak pertama tuntas, Singapura harus bermain dengan 10 orang, usai Safuwan Baharudin menelan kartu kuning keduanya. Namun, gol justru bisa dicetak tuan rumah lewat Song Ui-young. Skor 1-1 menutup laga saat jeda.
 
Di babak kedua, Singapura kembali apes usai Irfan Fandi diusir wasit dengan kartu merah. Namun, Singapura malah kembali bikin gol meski bermain dengan 9 orang, yakni lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman.
 
Indonesia kemudian menyamakan skor pada menit ke-87. Pratama Arhan mengubah kedudukan menjadi 2-2. Singapura sempat dapat penalti dua menit berselang, namun Faris Ramli gagal mengeksekusinya. Skor 2-2 bertahan hingga waktu normal habis.
 
Di masa perpanjangan waktu, Indonesia bisa memimpin lewat bunuh diri Shawal Anuar. Ia gagal membuang bola hasil sepakan Egy Maulana Vikri, usai diganggu Irfan Jaya. Skor menjadi 3-2.
 
Kemudian, Egy Maulana ikutan bikin gol di akhir babak pertama extra time. Kemudian, Singapura mendapat kartu merah lagi di akhir babak kedua extra time, yakni kiper Hassan Sunny yang diusir. Laga kemudian tuntas 4-2 untuk kemenangan Indonesia atas Singapura.
 
Hasil ini membuat Indonesia lolos ke final. Selanjutnya, Indonesia tinggal menunggu pemenang Thailand vs Vietnam, yang baru akan bertanding pada Minggu (26/12/2021). Final sendiri akan berlangsung dua leg, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, di National Stadium, Singapura.
 
Jalannya Pertandingan
 
Tekanan pemain Indonesia memaksa banyak kesalahan terjadi di lini tengah Singapura. Di menit ke-6, Ricky Kambuaya nyaris bikin gol.
 
Kesalahan Irfan Fandi membuat bola direbut Ricky. Ia kemudian bekerja sama dengan Witan Sulaeman, sebelum bola dioper kembali kepadanya. Ricky kemudian melepaskan tendangan kaki kanan di dalam kotak penalti, namun bolanya bisa sedikit diblok, sehingga arahnya melenceng tipis dari gawang Singapura.
 
Tekanan Indonesia berbuah gol di menit ke-11. Ezra Walian yang mencatatkan namanya di papan skor.
 
Berawal dari sodoran bola Alfeandra Dewangga ke Witan, pemain Lechia Gdansk itu membawanya ke kotak penalti sisi kanan, mengecoh satu bek Singapura, sebelum melepaskan umpan tarik ke tengah. Ezra, meski dikawal, bisa menyontek masuk bola ke gawang. Indonesia memimpin 1-0.
 
Tekanan pemain Indonesia begitu menyulitkan Singapura. Permainan anak asuh Tatsuma Yoshida tak berkembang. Beberapa kali percobaan dilakukan namun belum membuahkan hasil.
 
Di menit ke-36, tendangan bebas didapat Indonesia usai Witan dilanggar Safuwan Baharudin. Namun, sepakannya masih bisa diredam Hassan Sunny.
 
Laga berjalan ketat dan keras! (Getty Images/Yong Teck Lim)
Di menit ke-40, serangan balik dilancarkan Singapura, dan berujung dengan sepakan Hafiz Nor. Nadeo Argawinata menepisnya, dan bola liarnya coba dikejar Amy Recha. Saat mengejar, terlihat Rachmat Irianto menjatuhkannya di kotak penalti, namun tak dianggap penalti oleh wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi. Official Singapura marah-marah di pinggir lapangan.
 
Di akhir babak pertama, Singapura kehilangan Safuwan Baharudin, karena menelan kartu kuning keduanya. Ia diusir usai terlibat insiden dengan Rizky Ridho, saat bersiap menyambut tendangan bebas.
 
Pemain Singapura protes keras, namun wasit bergeming.Safuwan meninggalkan lapangan, dan tendangan bebas dilakukan. Kejutan! Song Ui-young bisa menyamakan skor lewat kemelut depan gawang, hasil tendangan bebasShahdanSulaiman. Skor 1-1 menutup babak pertama.
 
Di babak kedua, laga masih berjalan ketat. Singapura, yang bermain dengan 10 orang, banyak digempur Indonesia.
 
Rapatnya lini belakang Singapura sebenarnya bisa dibongkar barisan depan Indonesia. Namun, finishing yang kurang baik membuat gol kedua belum hadir buat tim Merah Putih.
 
Beberapa kali Witan memanjakan rekannya dengan umpan, namun belum bisa dimaksimalkan menjadi gol. Di menit ke-59, Rizky Ridho nyaris membobol gawang Singapura, jika sepakannya tak membentur tiang.
 
Di menit ke-60, gantian Singapura yang nyaris bikin gol. Lewat serangan balik cepat, Shawal Anuar coba melepaskan tembakan jarak jauh, memanfaatkan posisi Nadeo yang sedikit keluar sarangnya. Bola masih melenceng tipis dari gawang.
 
Di menit ke-67, petaka kembali menghampiri Singapura. Kini giliran Irfan Fandi yang diusir wasit karena melanggar Irfan Jaya, yang baru masuk menggantikan Ramai Rumakiek. Irfan Fandi menjatuhkan Irfan Jaya saat berusaha mengejarnya dari belakang. Singapura bermain dengan 9 orang.
 
Namun, kejutan terjadi di menit ke-73. Singapura malah berhasil memimpin 2-1 lewat gol tendangan bebas Shahdan Sulaiman. Berawal dari pelanggaran Alfeandra kepada Faris Ramli, Shahdan bisa melepaskan tendangan bebas yang langsung masuk ke gawang Indonesia.
 
Unggul membuat Singapura bersemangat. Beberapa peluang didapat lewat Ikhsan Fandi dan Faris Ramli, namun belum berbuah gol.
 
Gol! Di menit ke-87, Indonesia menyamakan skor menjadi 2-2. Pratama Arhan yang bikin gol, usai memanfaatkan kemelut depan gawang. Dari sudut sempit, ia menceploskan bola ke gawang Singapura.
 
Indonesia mampu comeback! (Getty Images/Yong Teck Lim)
Dua menit berselang, drama kembali terjadi. Singapura dapat penalti, usai Pratama Arhan melanggar Shawal Anuar. Namun, Faris Ramli gagal memasukkannya ke gawang, usai sepakannya bisa ditepis Nadeo.
 
Di masa injury time, tekanan Indonesia nyaris berbuah gol. Sepakan Irfan Jaya masih bisa ditepisHassan Sunny, dan bola liarnya gagal dimanfaatkan Elkan Baggott menjadi gol. Laga tuntas, dan harus dilanjutkan ke babak tambahan.
 
Di masa perpanjangan waktu, Indonesia langsung menggempur Singapura. Egy Maulana merangsek ke kotak penalti, dan bisa memaksa Shawal Anuar bikin gol bunuh diri. Indonesia memimpin 3-2 atas tuan rumah di menit ke-91.
 
Pada menit ke-97, Indonesia nyaris bikin gol lagi. Kali ini Evan Dimas gagal memaksimalkan umpan tarik Witan Sulaeman, usai sepakannya masih ditepis Hassan Sunny. Indonesia kemudian terus menggempur Singapura, sampai akhirnya Egy Maulana Vikri mencetak gol keempat Indonesia. Memanfaatkan kemelut di akhir babak pertama extra time, Egy menjebol gawang Hassan Sunny. Skor menjadi 4-2.
 
Di babak kedua tambahan waktu, tak banyak yang bisa dilakukan Singapura. Sesekali menekan, tak bisa memanfaatkan peluang. Sementara Indonesia juga tak bisa menambah gol.
 
Jelang laga tuntas, Singapura malah kena kartu merah lagi. Kiper Hassan Sunny diusir, usai menekel Irfan Jaya di luar kotak penalti. Situasi itu menjadi momen terakhir, sebelum wasit meniup peluit panjang. Indonesia menang 4-2 atas Singapura, dan maju ke final.
 
Indonesia: Nadeo Argawinata, Rizky Ridho [Elkan Baggott 65'], Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto [Evan Dimas 91'], Ricky Kambuaya [Egy Maulana 66'], Ramai Rumakiek [Irfan Jaya 66'], Ezra Walian [Hanis Saghara 54']
 
Singapura: Hassan Sunny, Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Song Uiyoung, Hami Syahin [Shawal Anuar 60'], Hafiz Nor [Faris Ramli 61'], Amy Recha [Ikhsan Fandi 60']
 
 
 
Sumber: [detik.com]

 

Berita Lainnya

Index