Di depan Siswa SMKN 4 Pekanbaru, Rektor Sebut Ada 1000 Kuota Beasiswa Tiap Tahun Di Unilak

Di depan Siswa SMKN 4 Pekanbaru, Rektor Sebut Ada 1000 Kuota Beasiswa Tiap Tahun Di Unilak

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak) melakukan kerja sama dengan SMKN 4 Pekanbaru. Kerjasama dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memoroundum Of Understanding) yang dilakukan oleh Rektor Dr Junaidi. M. Hum dengan kepala sekolah Zulfikar SPd di aula sekolah, Rabu (19/01/2022).

Kerjasama mencakup 15 ruang lingkup diantaranya peningkatan kompetensi guru, siswa, pelatihan bagi guru dan siswa, fasilitasi kuliah, program magang, Kompetensi jurusan, pengembangan kurikulim dan lain lain. Selain melakukan MoU, Rektor Unilak juga memberikan motivasi dan dialog dengan siswa siswa SMKN 4 agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.


Zulfikar SPd dalam sambutanya memberikan apresiasi kerjasama yang dilakukan dengan Unilak. Kerjasama ini penting, ada 15 ruang lingkup bidang kerjasama yang hari ini telah ditandatangani, ini akan memberikan keuntungan bagi guru, siswa dan sekolah SMK 4.

" Saat ini SMK sudah punya Direktorat Jenderal Vokasi, yang khusus menangani masalah pendidikan Vokasi termasuk salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan, dan nampaknya pemerintah sangat fokus ke hal ini. Dengan kondisi sekarang ini, SMK semakin dituntut untuk dapat berkolaborasi, bekerja sama dengan semua pihak dunia usaha, industri serta perguruan tinggi, yang akan sangat membantu aktivitas kegiatan-kegiatan sekolah SMK. Saat ini siswa SMK itu harus BMW, usai tamat mereka bisa bekerja, bisa melanjutkan pendidikan, dan bisa  wirausaha, " ujar Zulfikar.SPd.

Sementara itu Rektor Unilak Dr junaidi menyebutkan jangan berpikir lulusan SMK tidak kuliah, memang adik-adik di siapkan untuk kerja tapi kan tidak berakhir disitu. Tapi dapat melanjutkan keperguruan tinggi, silahkan pilih dimana saja perguruan tingginya, bisa di Riau, Jawa, atau mimpi keluar negeri.

"Di Unilak sudah banyak siswa-siswa SMK yang kuliah dan ketika lulus mereka menjadi orang suskes. Bermimpilah adik-adik jangan sekedar jadi buruh harian, tapi bisa menjadi pengusaha sukses/insinyur dan lain lain," ujar Dr Junaidi mengawali motivasinya.

Dijelaskan Dr Junaidi untuk dapat kuliah yang pertama harus dilakukan adalah niat/keinginan yang kuat, kemudian pilih tempat kuliah dimana, tentukan jurusan, dan pentingya juga menyiapkan pilihan alternatif.

Sayang kalau masa depan adik adik tidak rencanakan, kuliah bisa dimana saja, mimpi di luar negeri bisa dikejar, namun kalau tidak cukup nilai bisa pilih kampus alternatif, kalau orang tua tidak mampu bisa kejar beasiswa, namun syarat tentu nilai harus baik dan kejar nilai itu. Jika orang tua juga tidak mampu maka bisa kuliah dengan bekerja, di Unilak tiap tahun ada 1000 penerima beasiswa adik adik bisa pilih di Unilak. Jadi kuliah di usia muda enak, anda bisa bekerja plus bisa kuliah, adik-adik SMK bisa melanjutkan di Fakultas Teknik, bisa ke Fekon atau Fasilkom dan lain-lain. Jika ada yang Hafiz Quran di sekolah ini, bisa segera kirimkan ke Unilak, sebut Dr Junaidi dalam motivasinya.

lebih dari 150 siswa menjadi mendengarkan motivasi dari Rektor Unilak, turut hadir Dekan Fasilkom Unilak Fadrijal. M.Kom, Dekan Fakultas Teknik Unilak Dr Zainuri, Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Dr Nurfaisal, dan Kabag Media Promosi M Revnu Ohara.M.Kom

Berita Lainnya

Index