Segera Hadir Prodi Ekonomi Syariah di Unilak, Ini Progres Perkembangannya

Segera Hadir  Prodi Ekonomi Syariah di Unilak, Ini Progres Perkembangannya

PEKANBARU, BEDELAU.COM --Universitas Lancang Kuning Pekanbaru tengah mempersiapkan pendirian Program Studi S1 Ekonomi Syariah, berbagai persiapan telah dilakukan, satu diantaranya dengan menerima kunjungan tim asesor lapangan koordinator kopertis XII Riau Kepri Prof. Dr Khairunnas dan Prof Dr Munzir di gedung Rektorat. Rabu(19/01/2022).

Kunjungan tim asesor disambut hangat oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi, jajaran Wakil Rektor, dekan dan dosen se Unilak. Pendirian Prodi baru ini dalam rangka percepatan Unilak Unggul.

"Allhamdulilah hari ini tim dari kopertis datang ke Unilak dalam rangka pendirian Prodi ekonomi syariah, Kami (Unilak) setahun ini terus menyiapkan bagaimana bisa berdiri Prodi-Prodi Islam di Unilak, kami memiliki visi menjadi universitas unggul di tingkat nasional berdasarkan budaya Melayu. Untuk mewujudkan visi itu kami bercita cita mendirikan Prodi ke islaman, salah satunya yang kami pilih adalah Ekonomi Syariah ujar Dr Junaidi di awal sambutannya.

Dijabarkan Dr Junaidi,  pendirian Prodi ekonomi syariah dilakukan dengan berbagai pertimbangan diantaranya ekonomi Islam, perbankan syariah yang terus tumbuh, tentu saja kami sangat berharap kepada Kopertis memberikan arahan rekomendasi, dengan harapan berdirinya ekonomi syariah  akan semakin berkembang ilmu-ilmu keislaman, ini adalah tahap awal, kedepannya tentu sangat terbuka berdirinya prodi keislaman lainnya.

"Salah satu yang mendorong kami, Unilak telah memiliki bank syariah, dan itu jadi modal kuat dalam mengelola Prodi ekonomi syariah, mudah-mudahan berdiri ini semakin kuat ke Melayuan di Unilak dan keislaman, dua tahun ini kami telah memiliki program pesantren. Serta yayasan Raja Ali Haji sangat mendukung rencana ini, " ujar Dr Junaidi.

"Unilak tidak asing bagi saya, karena saya dulu pernah mengajar di sini di Fakultas Teknik, sastra selama dua tahun, dulu saat saya pendidikan S3 yang memberikan rekomendasi adalah Rektor Unilak saat itu Prof Dr Irwan Effendi, " ujar Prof Khairunnas yang juga Rektor UIN Sultan Syarif Qasim saat memberikan sambutannya.

Dikatakan Prof Khairunnas, Unilak adalah bagian  dari kita semua tentu harus kita tingkatkan karakteristik dari SDM Melayu ini penguatan prodi-prodi keislaman. Ada pepatah takkan hilang Melayu di bumi. Bumi Melayu adalah bumi islam, bumi islam adalah bumi Melayu, jadi untuk mendirikan Prodi syariah dalam hal ini tentu kita ikut memberikan dukungan yang kuat terhadap berdirinya Prodi ini. Namun ada banyak hal yang harus kita persiapkan agar rekomendasi yang kita berikan tidak percuma, artinya memiliki daya jual tinggi dan harus segera berdiri.

Ditegaskan Prof Khairunnas terkait dengan persiapan ini, borang 9 standar sebagai syarat harus terpenuhi kecukupan untuk dilakukan peninjuan oleh Dikti sehingga di berikan ijin operasional Prodi ekonomi syariah.

Berita Lainnya

Index