Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia, Kalahkan Selandia Baru

Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia, Kalahkan Selandia Baru

RIAUREVIEW.COM --Jalan jalan atau berkeliling menikmati keindahan alam di berbagai belahan dunia adalah impian banyak orang.

Tak sedikit yang ingin menikmati panorama Pegunungan Aplen di Swiss, Moraine Lake di Kanada, Patagonia National Park di Argentina, Cappadocia di Turkey hingga Raja Ampat di Indonesia.
 
Tapi tahukah Anda, negara mana yang terindah di dunia?
 
Baru-baru ini media asing money.co.uk merilis daftar negara panorama dan kondisi alam terindah di dunia.
 
Dalam laporan tersebut, mereka menobatkan Indonesia sebagai negara terindah dengan panorama alam terbanyak dan terbaik.
 
Berikut daftar negara terindah di dunia versi money.co.uk:
 
1. Indonesia (Skor 7,77 dari 10)
 
Indonesia menjadi negara terindah karena setiap jarak 100.000 kilometer persegi wilayahnya pasti terdapat keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbuh karang, hutan tropis dan gletser.
 
Penulis yang sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi mengatakan, keajaiban alam nan indah dan ciamik ini jelas menjadi daya tarik besar bagi para pelancong dari penjuru dunia.
 
"Indonesia adalah negara terindah di dunia, per 100.000 kilometer persegi negara tersebut memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Indonesia merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 pulau yang luar biasa dan punya 50.000 kilometer garis pantai," kata Haqqi seperti dikutip dari money.co.uk, Minggu (13/02/2022).
 
Sejumlah destinasi wisata populer dan menyajikan keindahan alam di antaranya Bali, hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan termasuk cagar alam orang utan, dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.
 
"Dan di lepas pantai di Indonesia itu semuanya memiliki terumbu karang yang indah, penuh dengan kehidupan yang sebagian besarnya dapat dijelajahi di Provinsi Bali yang merupakan destinasi wisata populer bagi para pelancong," ucapnya.
 
Dengan keindahan yang dimiliki, Indonesia meraih skor atau poin 7,77 dari 10.
 
Pengamatan Haqqi diperkuat akun Twitter resmi @MotoGP. Tak hanya negara terindah, Indonesia juga memiliki sirkuit balap motor yang dianggap sebagai sirkuit tercantik di dunia.
 
Keindahan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapatkan pujian dari @MotoGP.
 
"What an incredible place! The Mandalika Circuit is firmly in the category of most beautiful circuits in the world.
 
Tempat yang luar biasa! Sirkuit Mandalika adalah sirkuit yang terindah di dunia," seperti dikutip dari cuitan tersebut, Minggu (13/02/2022).
 
2. Selandia Baru (Skor 7,27)
 
Selandia Baru (New Zealand) menjadi negara terindah kedua di dunia.
 
Negara ini memiliki panorama alam yang tak kalah menarik, mulai dari perbukitan, pegunungan, termasuk di dalamnya Pegunungan Alpen Selatan dan sejumlah gunung berapi aktif.
 
Selandia Baru juga memiliki jumlah gletser yang cukup tinggi yaitu mencapai 5.000 gletser di setiap jarak 100.000 kilometer persegi. Selain itu, garis pantai di negara tesebut juga membentang lebih dari 15.000 kilometer persegi.
 
Dengan panorama yang super keren ini, menjadikan negara tersebut sebagai incaran para pelancong dari mancanegara.
 
Bahkan, sejumlah daerah di Selandia Baru ini sering kali dijadikan sebagai lokasi syuting, salah satunya seperti film The Lord of the Rings.
 
3. Kolombia (Skor 7,16)
 
Kolombia berada di urutan ketiga, negara dengan keindahan alam terbaik di dunia.
 
Sama seperti kedua negara terindah sebelumnya, Kolombia juga memiliki garis panta yang cukup panjang yang terdapat di sepanjang Pantai Karibia.
 
Selain itu, negara ini memiliki lanskap yang sangat bervariasi, dari pegunungan Andes hingga hutan Amazon yang sangat fenomenal karena lebih dari 500.000 kilometer persegi lokasi tersebut merupakan hutan tropis.
 
Di samping ketiga negara tersebut, berikut daftar negara terindah di dunia lainnya: 
 
Tanzania (Skor 6,98), Meksiko (Skor 6,96), Kenya (Skor 6,70), India (Skor 6,54), Perancis (Skor 6,51), Papua Nugini (Skor 6,39), Comoros (Skor 6,22), dan Ekuador (Skor 6,09).
 
Kemudian Amerika Serikat (Skor 6,03), Vanuatu (Skor 6,02), Jepang (Skor 6,00), Kepulauan Solomon (Skor 5,97), Italia (Skor 5,87), Filipina (Skor 5,80), Peru (Skor 5,66), Australia (Skor 5,65), dan Kosta Rika (Skor 5,65).
 
 
Sumber: [kompas.com]

Berita Lainnya

Index