RI Produksi Mobil Listrik Pertama Mulai Bulan Ini

RI Produksi Mobil Listrik Pertama Mulai Bulan Ini

RIAUREVIEW.COM --Indonesia mencatatkan sejarahnya dalam memproduksi mobil listrik pertama di dalam negeri mulai Maret 2021. Adapun pabrikan pertama yang bakal melakukannya adalah Hyundai dengan Ioniq 5. Setelah itu, Hyundai juga bakal langsung memasarkannya.

"Iya Maret akan mulai produksi. Mudah-mudahan bisa mulai jual dari April," kata Vice President Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia, Selasa (1/2/2022).
 
Ioniq 5 merupakan mobil listrik terbaru dari Hyundai. Bersama Kona, mobil berjenis hatchback ini sudah merajai pasar mobil listrik di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 90%. Namun, keduanya merupakan produk impor sebelum dimulainya produksi Maret ini.
 
Lee yakin Ioniq bakal mendapat sambutan positif karena memiliki beberapa keunggulan, seperti interior lengkap hingga space dalam ruangan yang luas. Karenanya mengenai harga bakal mengikuti.
 
"Karena itu kami memutuskan harga sulit karena kira-kira 35% dari mobil listrik harga baterai tapi harga nikel naik, baterai tidak cenderung turun, jadi sebenarnya sedikit sulit menentukan harga, tapi kira-kira dari Rp700 juta sampai Rp800 juta," jelas Lee beberapa waktu lalu.
 
Angka tersebut bahkan lebih besar dari mobil listrik Hyundai lain yang sudah terjual di Indonesia saat ini. Namun, ia yakin mobil baru ini memiliki beberapa keunggulan, sehingga tetap dipilih banyak masyarakat.
 
"Hyundai menjual dua mobil impor dari Korea Ioniq dan Kona 2, jadi harga Rp600 jutaan. (Tapi) Ioniq 5 ini benar2 mobil yang bagus sekali dan canggih, karena itu mungkin harganya sedikit lebih tinggi yakni antara Rp 700 juta sampai Rp800 juta," sebutnya.
 
Meski harganya lebih tinggi dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, namun Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Rencana RI untuk memproduksi mobil listrik juga sudah ada sejak akhir tahun lalu. Pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun.
 
"Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan, sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang akhir tahun lalu.
 
 
 
 

Berita Lainnya

Index