IKM Pelalawan Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Gempa Bumi Pasaman

IKM Pelalawan Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Gempa Bumi Pasaman

PELALAWAN, RIAUREVIEW.COM --Setelah hampir satu minggu mengumpulkan donasi atau bantuan untuk korban gempa Pasaman yang terjadi beberapa waktu lalu, Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Pelalawan salurkan bantuan langsung ke lokasi bencana di Pasaman Sumatera Barat, Minggu (06/02/2022).

Donasi atau bantuan yang berasal dari warga masyarakat dan Pemda Pelalawan terkumpul kurang lebih Rp 100 Juta tersebut dibelanjakan dalam bentuk bantuan sembako, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya yang memang sangat dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Pasaman.

Lokasi bantuan disalurkan di dua titik lokasi berbeda yang memang sangat membutuhkan. Lokasi pertama adalah di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat khususnya di Jorong (Desa) Timbua Abu yang masih minim bantuan akibat akses menuju Desa tersebut terputus.

Namun ketika tim dari IKM akan bergerak mengirim bantuan kesana, tiba-tiba terjadi longsor susulan yang menutupi jalan sehingga bantuan tidak bisa disalurkan ke lokasi pengungsi. Akhirnya diputuskan bantuan diturunkan di Posko Bantuan Polres Talamau Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Camat Talamau Drs Adrizal, Kapolsek Talamau AKP Junaidi SH, Danramil Talamau serta beberapa perwakilan kepala Desa yang wilayahnya terkena dampak bencana.

Saat memberikan kata sambutan, Camat Talamau serta Kapolsek Talamau dengan perasaan terharu menitikkan air mata atas bantuan yang diberikan IKM Pelalawan. Kedua petinggi Kecamatan Talamau tersebut sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan.

Karena menurutnya, saat ini bantuan yang datang di wilayah mereka sangat minim sekali. Ditambah lagi kondisi warga disana yang terisolir akibat akses jalan terputus akibat longsor sehingga bantuan terlambat sampai kesana.

Namun Kapolsek Talamau beserta unsur forkopimda Kecamatan Talau berjanji akan segera menyalurkan bantuan dari IKM semaksimal mungkin.

"Insha Allah bantuan ini akan kami salurkan secepatnya. Tim kami sedang berusaha membuka akses jalan yang tertimbun material longsor. Semalam-malam hari akan kami salurkan bantuan ini terutama sayur-mayur yang tidak bisa bertahan lama", ucap Kapolsek Talamau AKP Junaidi SH.

Sementara itu, ketua IKM Pelalawan Rezinel Bakhtiar beserta jajaran pengurus yang ikut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut mengatakan bahwa bantuan tersebut berasal dari masyarakat Pelalawan khususnya warga Minang yang berada di Pelalawan serta bantuan dari Pemda Pelalawan.

Disebutkan Rezinel, bantuan tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian masyarakat dan Pemda Pelalawan atas musibah yang dialami masyarakat Pasaman khususnya yang berada di Kecamatan Talamau.

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kami yang saat ini tertimpa musibah bencana gempa bumi dan tanah longsor. Tertitip salam dari Pemda Pelalawan serta masyarakat Pelalawan agar kiranya warga yang terkena musibah tabah menghadapinya", ujar Rezinel mewakili IKM dan Pemda Pelalawan.

Setelah selesai di lokasi pertama, tim IKM langsung melanjutkan menyalurkan bantuan ke lokasi berikutnya yaitu di Kanagarian Malampah Kabupaten Pasaman Timur. Tim tiba dilokasi malam hari sekira pukul 23.00 WIB.

Sesampainya dilokasi yang dituju, warga beserta salah seorang aparat kepolisian yang mewakili pemerintah setempat menyambut dengan antusias kedatangan tim dari IKM Pelalawan. Meski terlambat dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya namun mereka menyadari kondisi yang tim IKM hadapi dilapangan.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang yelah diberikan oleh saudara-saudara kita di Pelalawan khususnya Pemda Pelalawan yang diwakili oleh IKM Pelalawan", kata salah seorang perwakilan pemerintah setempat.

Selanjutnya, bantuan tersebut rencananya akan disalurkan ke salah satu jorong (desa) yang saat ini masih terisolir karena akses menuju Desa tersebut putus total akibat gempa bumi dengan skala 6,2 Richter yang menguncang pasaman dan sekitarnya.

"Rencananya bantuan ini akan kami salurkan langsung kepada warga kami yang sangat membutuhkan, dan kami bekerja sama dengan relawan mahasiswa akan mendistribusikan nya secepat mungkin", tegasnya.

Senada dengan yang telah dikatakan ketika di Kecamatan Talamau, tim IKM Pelalawan juga menyampaikan hal yang serupa di Kecamatan Malampah. Ucapan turut berduka cita juga disampaikan atas nama Pemda dan masyarakat Pelalawan atas musibah yang dialami masyarakat Pasaman Timur khususnya di Kecamatan Malampah.

Untuk diketahui, tim bantuan bencana gempa bumi Pasaman Kabupaten Pelalawan terdiri dari pengurus IKM Pelalawan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan serta perwakilan dari DPC PDIP Pelalawan yang diwakili oleh ketua DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Pelalawan Anton Sikumbang.

Laporan : Anton Sikumbang

Berita Lainnya

Index