Libatkan Mahasiswa, Relawan Tax Center Fekon Unilak Bantu Masyarakat Pelaporan SPT Pribadi

Libatkan Mahasiswa, Relawan Tax Center Fekon Unilak Bantu Masyarakat Pelaporan SPT Pribadi

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Senapelan Pekanbaru bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menyediakan layanan asistensi atau pendampingan dalam proses pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan orang pribadi. Layanan tersebut berada di gedung Fakultas Ekonomi dan telah dimulai tanggal 7 Maret dan akan berakhir hingga 31 Maret 2022.

Layanan pelaporan SPT Pribadi ini telah dimanfaatkan oleh warga masyarakat umum di Kota Pekanbaru. Menurut ketua Tax Center Fekon Unilak Neneng Salmiah SE, MM AK, Unilak kembali dipercaya oleh KPP Pratama Senapelan untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan pelaporan. Di hari pertama layanan dibuka ada dosen dan masyarakat umum yang telah memanfaatkan layanan.

"Prosesnya pelaporan SPT mudah, singkat dan cepat, mulai dari registrasi sampai selesai itu sekitar 5-10 menit yang terpenting saat datang membawa KTP, NPWP dan mengetahui Efine, ujar Neneng yang didampingi oleh Sektretaris  Serly Novianti,SE MM Ak.

Dijelaskan Neneng proses alur pelaporan dimulai dari registrasi kemudian pengambilan form yang langsung diisi oleh si pelapor kemudian langsung ke proses pelaporan.  Dalam memberikan layanan dan kemudahan bagi pelaporan SPT ini kami telah merekrut mahasiswa di dua prodi Fekon Unilak, yaitu Akuntansi dan Manajemen.

"Saat proses rekrutmen ada 29 mahasiswa yang mendaftarkan kemudian kita seleksi dan terpilih 23 mahasiswa, seleksi kita melihat unsur integritas, layanan, sikap, dan kejujuran. Mereka yang terpilih ini mendapatkan proses pembekalan. Pembekalan ini langsung dilakukan oleh KPP Pratama. Pembekalan ini berguna bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan tentang perpajakan dan mempermudah memberikan pelayanan bagi pelapor SPT. Tahun ini relawan yang terlibat ini beberapa diantaranya adalah mahasiswa yang ikut tahun lalu dan mahasiswa baru, ini dilakukan untuk kaderisasi, kaderisasi ini ada transfer ilmu, tranfer keterampilan." ujar Neneng.

Diceritakan Neneng di tahun lalu ada sekitar 500 lebih masyarakat yang memanfaatkan layanan SPT di Fekon Unilak. Kami berharap tahun ini dapat tercapai jumlah warga yang melakukan pelaporan. Untuk mengejar itu kami menjemput bola dan telah bekerja dengan beberapa pihak kecamatan di Pekanbaru satu diantaranya adalah kecamatan Pekanbaru Kota dimana pada tanggal 14-16 Maret membuka layanan di sana, jadi kami berharap masyarakat dapat memanfaatkanya.

Sementara itu, koordinator relawan pajak Nur Natasha mahasiswi semester 6 Prodi Akuntansi Fekon Unilak tampak sibuk melayani masyarakat yang mendapatkan asistensi. ditemui saat bertugas ia merasa senang bisa ikut menjadi relawan. "Saya ikut jadi relawan pengen mempelajri tentang perpajakan, saat kuliah kan ada mata pelajaran tentang pajak, dan ini lumayan menarik, ini bikin semangat belajar, kita bisa saling kenal, bisa nambah ilmu nambah bekal jika nanti usai sarjana". (Rls)

Berita Lainnya

Index