Pemudik Kereta Bisa Bawa Motor, Gratis!

Pemudik Kereta Bisa Bawa Motor, Gratis!

RIAUREVIEW.COM --Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan pada tahun ini diselenggarakan program mudik gratis menggunakan kereta api, supaya mengurangi kepadatan di jalan raya.

Usulan ini juga sudah disampaikan langsung kepada Menteri Perhubungan, usai rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2022, Kamis (7/4/2022).
 
"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan, supaya mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api," kata Effendy, dalam keterangan, dikutip Jumat (8/4/2022).
 
"Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor," tambahnya.
 
Terkait dengan usulan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik usulan ini.Dia mengungkapkan akan menyelenggarakan program mudik gratis tidak hanya di moda kereta api, tapi juga bus (untuk penumpang) dan truk (untuk mengangkut sepeda motor).
 
"Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," kata Budi Karya.
 
 

Berita Lainnya

Index