Unilak dan Lingkar Pena Riau Dukung Guru Guru Untuk Produktif Menulis Jurnal

Unilak dan Lingkar Pena Riau Dukung Guru Guru Untuk Produktif Menulis Jurnal

PEKANBARU, BEDELAU.COM --Universitas Lancang Kuning (Unilak)  Pekanbaru bekerjasama dengan Lingkar Pena Wilayah Riau meluncurkan Jurnal Lingkar Pendidikan. Peluncuran dilakukan secara zoom oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr. Kamsol, Kepala Kemenag Provinsi Riau Dr. H Mahyudin. MA. yang turut memberikan sambutan. Ketua LPPM Unilak Dr. Jeni Wardi, Managing Editor Jurnal Lingkar Pendidikan Dr. Bambang Kariyawan, hadir Kabid HKI dan Penerbitan LPPM Unilak Olivia Anggie Johar. Selasa (12/04/2022).

Kerjasama peluncuran jurnal pendidikan ini dilakukan oleh LPPM Unilak, selain itu juga digelar pelatihan menulis artikel dan summit artikel ke OJS untuk guru. Peserta pelatihan lebih dari 100 orang yang terdiri dari guru SMA/MAN/SMK, pustakawan, Kepala Sekolah  yang ada di Riau dan Kepulauan Riau. Seperti guru dari Man 1 Kepulauan Riau, SMA 2 Pekanbaru, MAN 2 Kepulauan Meranti, MAN 1 Pekanbaru, MAN 1 Taluk Kuantan, SMK Farmasi, SMAN 2 Pinggir dll.

Kadiskdik Riau Dr. Kamsol dalam sambutannya mengatakan jurnal ini hal penting dalam dunia pendidikan. Guru seorang pendidik yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan, dalam proses pendidikan ini merupakan titik sentral dari pelaksanaan pendidikan. UU mengamanatkan guru adalah pendidik profesional dengan begitu guru tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

"Untuk menjadikan anak-anak pintar itu gampang, dengan perkembangan teknologi, internet itu bisa, namun untuk budi pekerti butuh seorang pembimbing, menuntun, yang membawa dalam proses, konsep pedagogi adanya perubahan prilaku dari yang tidak baik menjadi baik." ujar Dr Kampol.

Dijelaskannya karya tulis ilmiah yang telah dipublikan dalam jurnal dengan sistem kredit ini bentuk pengakuan profesi ilmu dapat digunakan naik pangkat, golongan guru. Ada dua unsur yaitu pengembangan diri dan publikasi ilmiah dan ini sangat penting dalam meningkatkan kompetensi dan pengembangan profesinya.

Sementara itu, ketua LPPM Unilak Dr. Jeni Wardi mengatakan LPPM Unilak memiliki SDM yang berkualitas dengan lebih dari 300 dosen dengan disiplin ilmu, LPPM Unilak membawahi 25 Jurnal yang telah terakreditasi, kerjasama dengan lingker pena Riau menambah jumlah jurnal di LPPM Unilak.

"Kerjasama dalam pembuatan publis jurnal sangat baik, karena berorientasi pengembangan profesi guru-guru dan penyebaran ilmu, kami senang bisa membantu semoga kerjasama ini dapat berjalan baik, ini memberikan dukungan positif bagi Unilak dan guru-guru, dalam pengembangan karya ilmiah, kami berharapa dapat berjalan dengan baik.

Sebagai pemateri dalam pelatihan jurnal ini, yaitu Wydia Apriani, ST MT, Lisnawita S.Kom.M.Kom. Rektor Unilak Dr. Junaidi dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada LPPM Unilak yang telah bekerjasama dengan lingkar pena Riau. Kerjasama ini memberikan dampak posifit dalam dunia menulis dan publikasi di Riau. Tentu saja ini memberikan manfaat bagi para guru-guru di Riau. Jumlah peserta yang mencapai ratusan orang yang ikut dalam  pelatihan menulis membuktikan minat para guru-guru untuk menulis besar. Kami mendorong para guru untuk produktif dan memanfaatkan jurnal lingkar pendidikan sebagai wadah kreasi. Semakin banyak menulis dan publis maka reputasi para guru-guru semakin dikenal. (Rls)

Berita Lainnya

Index