Gema Ramadan 1443H, Rektor Unilak Dan Kanwil Kemenag Riau Adakan Lomba MTQ Online Tingkat SMA/SMK/MA

Gema Ramadan 1443H, Rektor Unilak Dan Kanwil Kemenag Riau Adakan Lomba MTQ Online Tingkat SMA/SMK/MA

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah,rahmat dan pahala yang dilipatkan gandakan oleh Allah SWT. Satu diantaranya amalan yang dianjurkan adalah memperbanyak baca Al-Quran. Dalam rangka syiar dan gema Ramadan 1443H, Universitas Lancang Kuning bersama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau mengadalan lomba MTQ online memperebutkan Piala Rektor Unilak Dr Junaidi dan Kepala Kanwil Kemenag Riau Dr Mahyudin, tingkat SMA/SMK/MA.
 

Pelaksanaan lomba dibagi dua kategori yaitu Tilawah (putra-putri) dan Tahfiz 5 juz (putra-putri) adapun persyaratan lomba umur maksimal 18 tahun, siswa SMA/SMK/MA sederakat dan memiliki kartu pelajar. Pelaksanaan pendafatan telah dimulai dari 14-24 Arpil 2022, pendaftaran dilakukan sceara online, di https://forms.gle/bAiERJ5bJPVmEoxe8

Rektor Unilak Dr Junaidi dalam keterangan tertulis menyebutkan Lomba MTQ Online ini dalam rangka melahirkan generasi Qurani di Riau, mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur'an. Selain itu juga sejalan dengan visi misi Unilak yang memiliki 7 nilai, nilai yang pertama adalah religius.

" Lomba ini juga dalam rangka program penerimaan mahasiswa baru Unilak yang telah dibuka, serta memperkenlkan program Pesantren Mahasiswa Unilak (PMU) dimana mahasiswa/calon mahasiswa yang mengikuti program ini mendapatkan beasiswa penuh sampai tamat. PMU terlaksana berkat dukungan BAZNAZ Riau. Kami mengajak putra-putri SMA/SMK/MA yang memiliki kemampuan atau keterampilan di Riau untuk segera dapat mengikuti lomba," ujar Dr Junaidi yang juga tokoh pendidikan Riau ini.

Sementara itu sekretaris panitia M Revnu Ohara mengatakan teknis perlombaan yaitu peserta membuat Video dengan resolusi 780p dan menguplod di Instagram pribadi lalu menandai akun resmi Universitas Lancang Kuning di Instagram @infounilak dan mengirimkan video ke alamat email [email protected] Video diwajibkan dibuat dengan mata tertutup, durasi video maksimal 5 menit.

" Peserta boleh memulai bacaan dari juz yang diinginkan contoh misalnya mulai dari juz 1, kemudian dilanjutkan juz 3, juz 5 atau loncat ke juz 8. Panitia telah menentukan bacaan surat yaitu Al-A'laq dari ayati 1, Al Mujadalah dari 11, Shad dari ayat 29, At Taubat dari ayat 122, Al Baqarh dari ayat 31, Al Kafi dari yaat 66. Kriteria penilaian yaitu Makhrijul huruf, Kejernihan suara, Peralihan tempo, Irama/vairasi, dan adab." ujar Revnu yang juga Kabag Media.

Ditambahkan Revnu dari dua kategori lomba terbagi putra putri total ada 182 orang siswa di Riau yang telah mendaftar diantaranya dari SMA Plus Riau, MAN 1 Kepulauan Meranti, MAS Maarif NU Siak, MTSN 5 Bengkalis, SMAN 1 Rokan Hilir, MAN 1 Rokan Hulu, MAN 4 Kampar, Madrasah Ibtidaiah Peranap Inhu, MAN 2 Kuansing dan lain lain. Untuk informasi lengkap dapat melihat Instagram Infounilak.

Berita Lainnya

Index