Segini Harganya

Minyak Goreng Curah Akan Dibuat dalam Kemasan demi Hindari Penimbunan

Minyak Goreng Curah Akan Dibuat dalam Kemasan demi Hindari Penimbunan

RIAUREVIEW.COM  --Perum Bulog akan mendistribusikan minyak goreng curah dalam bentuk produk kemasan sederhana. Ini dilakukan untuk menghindari praktik penimbunan minyak goreng curah di lapangan. 
 

"Kita juga menyarankan supaya tidak ada penyimpangan di lapangan, maka dibuatlah minyak curah itu jadi kemasan-kemasan sederhana," kata Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas, dikutip Rabu (11/5/2022).
 

Langkah Bulog ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyubsidi harga minyak goreng curah, sehingga masyarakat bisa memperoleh komoditas pokok ini dengan harga Rp14.000 per liter. Minyak goreng curah dalam kemasan, kata Buwas, akan distempel dengan keterangan produk subsidi. Hal ini masih dibahas Bulog dengan pihak terkait.

"Nah di sini nanti ditulis, minyak goreng curah subsidi. Nanti seperti itu, kurang lebih itu saran dari saya, sehingga Bulog nanti terima minyak subsidi itu dengan harga murah. Kita tinggal distribusikan ke pasar-pasar. Jadi tidak perlu bingung siapa yang kemas satu per satu jadi harga keekonomian, kan enggak mungkin," tutur Buwas. 

BUMN sektor pangan ini menerima penugasan untuk mendistribusikan minyak goreng curah. Hanya saja, hingga saat ini belum begitu jelas skema pendistribusian ke pasaran.

Buwas menyebut, pemerintah hingga kini masih melakukan pembahasan. Tercatat, ada dua skema yang diusulkan. Pertama, distribusi minyak goreng melalui PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR dan kedua, melalui PT Pos Indonesia (Persero). 

"Karena sampai hari ini kita masih dalam taraf pembahasan, yang intinya bapak Presiden mengharapkan minyak goreng curah dikemas sederhana untuk kebutuhan masyarakat dengan harga Rp14.000," ujarnya.

Tak hanya skema distribusi yang belum difinalisasikan kementerian dan lembaga (K/L) terkait, aturan yang menjadi pedoman dasar Bulog menerima penugasan pun belum diterbitkan. Meski begitu, Buwas meyakini dengan diselesaikannya pembahasan dan regulasi, Bulog mampu menjalankan penugasan dengan baik, khusunya menekan harga minyak goreng curah hingga di Rp14.000 per liter. 

"Saya yakin, percaya bilamana pembahasan ini sudah selesai apa yang dimintakan Presiden bisa terlaksana," ucap dia.
 

Sumber: [inews.id]
 

Berita Lainnya

Index