FIA UNILAK - PHR Peringati Hari Lingkungan Hidup

FIA UNILAK - PHR Peringati Hari Lingkungan Hidup

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Bertempat di Rumah Anggur Rumbai Dan Cafe, Jl Patria Dari IV, Kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai dilaksanakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Hidup Sedunia, Minggu (5/6). Hadir dalam kesempatan ini Komisaris PT Pertamina Hulu Rokan dan Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI, Dr Afni Zulkifli dan Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi.
 

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Alexsander Yandra SIP MSi dalam kesempatan ini mengatakan, civitas akademik fakultas ilmu administrasi sudah terlibat dalam kelestarian lingkungan. Sejak beberapa tahun terakhir diwujudkan dengan keterlibatan dalam program kampung iklim.

"Dosen dan mahasiswa sudah ikut terlibat dalam pengendalian perubahan iklim. Kami sudah melakukan kerjasama dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI yang dihadiri Bupati Siak, Bupati Bengkalis dan Walikota Dumai. Saat ini kami melakukan inventarisasi program kampung iklim dan terbanyak di Indonesia dari unsur perguruan tinggi," katanya.

Lokasi tersebut adalah Kampung Ara Permai Kabupaten Siak, Kampung Patin Kabupaten Kampar dan Kelurahan Binawidya, Kelurahan Umban Sari, Kelurahan Agrowisata serta Pondok Pesantren Ibnu Al Mubarok di Kota Pekanbaru.

Ia mengucapkan terima atas dukung PT Pertamina Hulu Rokan, pemerintah, media massa, non government organization serta mahasiswa tergabung dalam enumerator atas kegiatan peringatan hari lingkungan hidup sedunia dan program kampung iklim.

Dr Junaidi selaku Rektor Universitas Lancang Kuning mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan kerjasama dengan PT Pertamina/ Pertamina Hulu Rokan dalam kelestarian lingkungan. Bahkan saat ini sudah masuk ke sekolah umum.

"Sudah ada respon yang baik dari sekolah sekolah yang terlibat. Apakh dalam bentuk bank sampah atau lainnya. Kami baru'baru ini juga sudah mendirikan pusat studi iklim.

Perwakilan SKK migas/ Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Supriono, mengatakan SKK Migas sangat peduli dengan lingkungan. Hal ini diantaranya dengan program penanaman pohon yang mencapai 9 juta pohon, tahun ini 1,5 juta pohon.

"Untuk menjalankan program nya, SKK Migas sangat memerlukan dukungan dari kementerian lingkungan hidup sehingga bisa tetap berjalan industri hulu migas. Semoga apa yang kami lakukan selalu mendapat dukungan berbagai pihak," ujarnya.

Komisari PT Pertamina Hulu Rokan, Reinhard Parapat mengatakan komitmen menjaga kelestarian lingkungan hidup sedunia dan keanekaragaman hayati akan selalu terjaga. Berbagai program tengah dijalankan dan ditindaklanjuti dengan konservasi lahan gambut, program kampung iklim, konservasi mangrove dan lainnya.

"Apresiasi yang tinggi atas seluruh pihak yang terlibat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup. kerjasama ini tidak cukup sampai disini, perlu terus dilakukan untuk perubahan iklim yang lebih baik. Ini luar biasa universitas dan fakultas masih mau dan ada kepedulian, kita tingkatkan lagi kerjasama untuk perubahan iklim dan kesejahteraan", ajaknya.

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI Dr Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan Tenaga Ahli Menteri Dr Af i Zulkifli, mengatakan, secara nasional konferensi Stockholm menjadi rujukan dalam pembangunan dan kelestarian lingkungan hidup.

"Indonesia berhasil dalam menurunkan angka deforestasi, menurunkan kebakaran hutan dan lahan. Membangun program kampung iklim, Adipura, anugerah kalpataru dan lainnya. Atas segala capaian saat ini, kami mengucapkan terimakasih," katanya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 jadi momentum perilaku adil bagi alam sekitar.
Pada kesempatan ini juga dilakukan penanaman bibit anggur dan pelepasan bibit ikan.

Berita Lainnya

Index