LLDikti Wilayah XVII Bakal Terbentuk, Rektor UIR: Pelayanan Lebih Efisien

LLDikti Wilayah XVII Bakal Terbentuk, Rektor UIR: Pelayanan Lebih Efisien

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Rencana berdirinya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah XVII akan segera terwujud. Rencana itu disambut baik oleh Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL.
 

Ia mengungkap, di Riau saat ini ada lebih kurang 76 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pemekaran ini, nantinya bukan untuk di Riau saja. Tetapi termasuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
 

"Itu bukan hanya untuk Riau saja kalau jadi dimekarkan, termasuk Kepri. Jadi total itu ada seratusan lebih (perguruan tinggi). Hampir berimbang lah dengan Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi jumlahnya," kata Prof Syafrinaldi, Jumat (17/6/2022).
 

Jadi, sambungnya, kalau jadi LLDikti wilayah X yang saat ini masih ada empat provinsi dimekarkan, akan berdampak positif kepada pelayanan. Sebenarnya, kata Prof Syafrinaldi, ini juga disebut di undang-undang setiap provinsi itu memiliki lembaga layanan pendidikan tinggi.
 

Tapi, karena keterbatasan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dan keuangan dari pemerintah, maka sampai hari ini baru ada 16 LLDikti. Artinya, masih banyak yang digabung-gabungkan dengan beberapa provinsi.

"Yang paling banyak itu di daerah Riau ini, di wilayah X ini, empat provinsi. Inilah usaha dari pemerintah daerah dengan PTS-PTS, tokoh-tokoh masyarakat di Riau untuk mencoba Riau dan Kepri ini punya LLDikti tersendiri. Dan Mudah-mudahan menjadi wilayah XVII nanti," jelasnya.
 

Jika rencana ini sudah terlaksana, pelayanan akan jadi lebih efektif dan efisien. "Tentu akan bermanfaat. Kalau ada urusan-urusan tidak perlu lagi ke Sumatera Barat, Padang. Tentu pelayanan, di banding satu lembaga melayani empat provinsi tentu lebih efisien jika satu lembaga melayani dua provinsi," kata dia.
 

"Jelas menguntungkan kita. Dalam hal memberikan pelayanan untuk program juga. Kalau sekarang ini kan mereka harus safari ni. Bulan depan di Jambi, bulan depannya lagi Sumatera Barat, bulan depannya lagi di Pekanbaru dan berikutnya di Kepri. Tentu waktunya lama, masa tunggunya," tambahnya.
 

Jika pemekaran ini sudah terlaksana, LLDikti Wilayah XVII yang akan membawahi PTS di Provinsi Riau dan Kepri.
 

Sebelumnya, Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma SH MPd melalui Analisis Kepegawaian Ahli Madya Eli Susanti SE MM menyebut, LLDikti akan bertambah satu lagi yang akan berada di Pekanbaru, Riau, yakni LLDikti Wilayah XVII. "Semoga tahun ini sudah bisa terlaksana," jelas Eli Susanti.
 

Ia jika di Riau sudah terbentuk LLDikti maka para dosen di Riau dan Kepulauan Riau tidak tidak perlu lagi jauh-jauh berurusan ke Padang.
 

"Dan tentunya bapak-ibu akan lebih mudah dalam meningkatkan kinerja melalui penelitian, kenaikan pangkat jabatan funsional. Dan tidak perlu lagi ke Padang untuk mengurus. dan kami LLDikti Wilayah X akan mensupport terbentuknya LLDikti Wilayah XVII di Pekanbaru," jelasnya.
 

Untuk diketahui perguruan tinggi swasta di Riau tergabung dalam LLDikti X bersama Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Jambi. Namun jika LLDikti Wilayah XVII terbentuk maka Riau dan Kepri akan bergabung dalam satu lembaga.
 

Tercatat ada sebanyak 234 perguruan tinggi swasta dibawah naungan LLDikti Wilayah X. 51 perguruan tinggi swasta berada di Provinsi Riau dan 19 perguruan tinggi di Kepulauan Riau.
 

Eli Susanti mengatakan LLDikti merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melakukan pengelolaan terhadap penyelenggaraan mutu Perguruan Tinggi Swasta.
 

Sebelumnya Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan, mengatakan Pemprov Riau mensupport agar LLDikti XVII terwujud tahun ini. "Semoga segala persyaratan segera terpenuhi," ujar M Job, saat menyampaikan kata sambutan pada launching Entrepreneurship Award ke VI tahun 2022, Kamis (9/6/2022), di Kampus Universitas Lancang Kunin (Unilak) Pekanbaru.***
 

 

 

Sumber: cakaplah.com
 

Berita Lainnya

Index